blank
Dr Muhammad Junaidi SHI MH

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Universitas Semarang (USM) resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 yang menurut rencana digelar Juni mendatang.

Kepastian itu didapat setelah turunnya surat penetapan tuan rumah KRI 2023 dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tanggal 18 Februari 2023.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, USM siap menggelar KRI 2023. Pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana guna menunjang suksesnya KRI 2023. Selain itu juga sumber daya manusia (SDM) telah siap menyukseskan KRI 2023.

”Prinsipnya kami sudah siap menjadi tuan rumah KRI 2023,” ujarnya.

Dia mengatakan, KRI merupakan ajang talenta resmi tahunan di bidang sains, riset, dan teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat dan prestasi mahasiswa dalam bidang teknologi robotika. Dia berharap, melalui kegiatan KRI, dapat meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah bangsa dengan menggunakan teknologi robotika.

”KRI diharapkan dapat menjadi ajang perekat kebersamaan dalam membangun teknologi bangsa. Dengan adanya kontes, tidak serta-merta mahasiswa dan institusi berfokus hanya pada persaingan, namun juga pada kebersamaan selama acara berlangsung. Menjadi ajang dimana penukaran ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung, serta melahirkan juara-juara sejati yang memaknai keilmuan robotika sebagai ilmu milik bersama dan mampu mengamalkannya,” ungkapnya.

Dia mengatakan, sebagai langkah persiapan, Balai Pengembangan Talenta Indonesia dan USM akan melakukan rapat koordinasi untuk sosialisasi KRI 2023.

”Sosialisasi akan dilasanakan 21 – 22 Februari 2023 secara daring ID 82248157506 Passcode: KRI2023. Untuk tanggal 21 Februari dilaksanakan pukul 13.30-17.00 WIB, sedangkan tanggal 22 Februari dilaksanakan pukul 09.00-17.00 WIB,” ungkap sembari mengatakan, informasi ini sekaligus sebagai undangan kepada panitia KRI USM 2023.

Muhaimin