blank
Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyesalkan kericuhan antara suporter PSIS (Semarang) dengan aparat kepolisian, saat pertandingan PSIS vs Persis (Solo), di Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (17/2/2023). Ganjar meminta, kejadian ini menjadi bahan evaluasi dan tidak boleh terulang kembali.

Alhamdulillah, tidak ada korban dan tak ada kerusakan dan sebagainya. Saya dikirimi video, ada dialog antara pihak kepolisian dan suporter. Dan inilah yang penting untuk diomongkan. Pasti kami akan mengevaluasi semuanya, dan saya masih menunggu laporan dari pihak kepolisian,” kata Ganjar.

Dijelaskan dia, laga PSIS kontra Persis memang digelar tanpa penonton. Pihak keamanan dalam hal ini Polrestabes Semarang dan panitia pelaksana, sebenarnya telah mengeluarkan surat terkait hal itu. Namun saat pertandingan digelar, para suporter masih ada yang datang ke stadion.

BACA JUGA: Perkuat Karakter Siswa SMP Muhammadiyah Keling adakan Mabit

”Memang saya dengar, mereka sudah telanjur membeli tiket. Tapi saya juga dapat informasi, pihak manajemen dan panitia akan mengganti dan mengembalikan. Memang ini butuh kecepatan, agar mereka para suporter ini bisa tenang,” jelasnya.

Ganjar sendiri memahami suasana emosional para suporter. Saat tim favoritnya bermain dan mereka tidak bisa menonton secara langsung, pasti ada kekecewaan.

”Saya sebenarnya juga pengin nonton, karena pertandingannya pasti menarik. Tapi karena ada ketentuan yang dikeluarkan pihak kepolisian, ya sudah kita ikuti. Mungkin ini bagian dari antisipasi yang harus kita pahami bersama,” jelasnya.

BACA JUGA: PSSI Pastikan Internasional Friendly Match U-20 Digelar di SUGBK

Lebih lanjut Ganjar meminta, kejadian ini menjadi evaluasi. Dia menyampaikan, penting bagi para suporter bertemu, untuk membuat code of conduct atau pedoman, bagaimana memberikan dukungan yang baik dan menarik.

”Para koordinator suporter ngobrol yuk, ngopi yuk. Kita bikin suasana yang lebih menarik, untuk mengevaluasi agar seluruh pertandingan tim kita, bisa kita tonton. Kita senang bareng, dan melihat prestasi. Kita kan sudah belajar banyak dari kejadian sebelumnya,” tegasnya.

Riyan