blank
Ilustrasi buah anggur. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)-  Anggur merupakan tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Anggur sering dimanfaatkan sebagai jus, sirup atau dikonsumsi langsung.

Tidak hanya rasanya yang lezat, anggur juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, sampai penyakit kanker.

Dilansir dari Suara.com, kebanyakan orang mengonsumsi anggur hanya daging buahnya saja dan membuang bijinya. Namun, tahukah kamu bahwa biji anggur dapat dikonsumsi dan mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh?

Simak beberapa manfaat biji anggur seperti yang dirangkum dari hellosehat berikut ini:

Baca Juga: Dapat Mencegah Kanker, Delapan Manfaat Anggur bagi kesehatan

1. Dapat mencegah aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penumpukan kolesterol pada pembuluh darah yang dapat menghambat aliran darah. Lama kelamaan penyakit ini dapat merusak pembuluh darah dan menimbulkan serangan jantung.

Kandungan flavonoid mampu menghambat pembentukan kolesterol dalam darah dan melindungi pembuluh darah dari radikal bebas. Dengan demikian, risiko kerusakan pembuluh darah dapat dikurangi.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Bji Anggur dapat mengurangi risiko penyakit jantung berkat kandungan flavonoid, polifenol, dan oligomeric proanthocyanidins complexes (OPC).

Biji Anggur dapat memperkuat dinding pembuluh darah karena adanya zat tannin. Jika dinding pembuluh darah rusak, potensi serangan jantung juga meningkat. Konsumsi biji anggur mampu menurunkan risiko penyakit serangan jantung karena kemampuannya dalam menjaga dinding pembulih darah.

Baca Juga: Dapat Mencegah Anemia, Lima Manfaat Anggur Merah bagi Ibu Hamil

3. Disinyalir dapat membantu penyembuhan luka

Walaupun baru terbukti pada percobaan yang dilakukan terhadap hewan, peneliti meyakini bahwa biji aggur dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dilakukan dengan mengoleskan ekstrak biji anggur yang mengandung zat proanthocyanidin.

4. Membantu menjaga kekuatan tulang

Flavonoid pada biji anggur bermanfaat untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Selain itu, flavonoid juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang merupakan protein yang menyusun tulang, otot, kulit dan rambut serta jaringan lain pada tubuh.

Nah, apakah kamu tertarik mengonsumsi biji anggur? Jika kamu ingin mengurangi rasa pahit, makanlah bersama daging buahnya. Namun, konsumsi secukupnya saja dan hentikan jika ada reaksi alergi.

Makanlah berbagai jenis bahan pangan sehat agar kebutuhan gizi dapat terpenuhi. Tetaplah ingat bahwa mengonsumsi makanan sehat hanyalah salah satu cara dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Kamu tetap perlu mengombinasikan dengan aktivitas penunjang kesehatan lainnya. Jika ada keluhan kesehatan, jangan lupa untuk berkonsultasi kepada ahlinya.

Claudia