blank
Setidak-tidaknya ada tiga rumah yang hancur karena terdampak bencana tanah longsor di dua kecamatan di Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Setidak-tidaknya tiga rumah warga di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sidoharjo dan Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, hancur karena terdampak bencana tanah longsor. Bencana tanah longsor berlangsung bersamaan turunnya hujan deras berkepanjangan.

Danramil-17 Kapten (Cba) Oyon Subiyanto melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, bencana longsor merusak rumah dapur milik Sumaryono di Dusun Sukorejo RT 1/RW 10, Desa Sembukan, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Untuk membantu meringankan korban, dilakukan kerja bakti penanganan darurat yang dipimpin oleh Peltu Kahana beserta para personel Babinsa. Kerja bakti melibatkan perangkat desa dan unsur terkait lainnya.

Menyikapi cuaca ekstrem belakangan ini, Danramil-17 Sidoharjo Kapten (Cba) Oyon Subiyanto, menginstruksikan semua personel Babinsa untuk meningkatkan kewaspadaan dalam memantau situasi di wilayah binaan masing-masing. Juga bersikap tanggap untuk memberikan kepedulian bantuan kepada warga yang menjadi korban bencana.

Hidrometereologi

Kepada warga masyarakat diminta waspada dan berhati-hati saat turun hujan berkepanjangan. Sebab itu dapat berpotensi memunculkan bencana hidrometereologi, seperti banjir dan tanah longsor.

Sementara itu dari Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan bencana tanah longsor terjadi di Dusun Bayuwadang, Desa Bubakan dan di Dusun Sobokerto, Desa Giriwarno. Dampaknya, merusak dua rumah milik warga.

Dua rumah warga yang rusak terdiri atas rumah milik Giman di Dusun Banyuwadang, Desa Bubakan, dan rumah milik Tamin di Dusun Sobokerto, Desa Giriwarno, semuanya di Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Pemicunya karena dihantam material longsor yang ambrol dari lereng tebing sisi rumah.

Menyikapi hal tersebut, Danramil-18 Girimarto Kapten (Inf) Siswanto, mengerahkan para personel Babinsa untuk memberikan bantuan pertolongan kepada korban bencana tanah longsor. Para personel Babinsa, tampil memimpin kerja bakti di lokasi longsor bersama perangkat desa dan warga masyarakat.

Bambang Pur