blank
PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta saat memberikan bantuan kepada warga dalam program tilik desa.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Program tilik desa yang dicanangkan oleh PJ Bupati Edy Supriyanta beberapa waktu yang lalu terus dijalankan. Kali ini Desa Purwogondo dan Desa Mayargading Kecamatan Kalinyamatan mendapat kunjungan orang nomor satu di Jepara, Rabu (15/2/2023).

Dalam kunjungan kedua desa tersebut, Pj Bupati Jepara didampingi Forkopimcam, serta perangkat  daerah terkait. Hadir Kapolres Jepara AKBP Warsono, Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf. Mokhamad Husnur Rofiq.

Masalah infrastruktur menjadi salah satu keluahan warga, baik di Desa Purwogondo maupun Mayargading. Terutama terdapat jalan kabupaten yang mulai rusak yakni di ruas jalan purwogondo-manyargading.

Rusaknya sejumlah ruas jalan di daerah tersebut disinyalir berasal dari air hujan yang tidak mengalir akibat drainase yang tertutup sejumlah bangunan. Hal ini menyebabkan air tergenang dan secara terus menerus merusak jalan.

“Pak petinggi mohon didiskusikan dengan warga yang bangunannya menutup selokan. Apabila berkenan untuk dibongkar akan segera kita perbaiki,” kata Edy.

Terkait kasus stunting di kedua desa relatif rendah dan cenderung menurung tiap tahunnya. Edy mengingatkan para bidan desa serta puskesmas kalinyamatan untuk melakukan pendampingan dan evaluasi kepada ibu hamil dan ibu yang memiliki bayi dibawah dua tahun.

“Kalau bisa ini selalu menurun, tahun depan harapannya zero kasus ya,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Edy juga menjenguk warga yang sedang sakit serta warga yang menempati rumah tidak layak huni. Dirinya menyerahkan bantuan logistik serta perbaikan rumah.

Pj. Bupati juga meninjau industri rumahan pembuatan kerupuk. Dirinya berharap industri yang ada di Kalinyamatan baik rumahan maupun industri besar dapat menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

ua/diskominfo