blank
Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (tengah) saat menyematkan atribut dalam apel gelar operasi keselamatan lalu lintas.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, menyampaikan delapan imbauan kepada masyarakat. Imbuauan ini untuk mengantisipasi cuaca ekstrem dan bencana yang terjadi musim penghujan sekarang ini.

Cuaca ekstrem yang diwarnai hujan deras berkepanjangan, berpotensi memunculkan bencana hidrometereologi seperti banjir dan tanah longsor. Juga puting beliung tatkala disertai angin kencang.

Terkait hal tersebut, Kapolres melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, mengimbau kepada masyarakat tentang delapan hal. Pertama, pastikan kondisi sungai dan drainase berfungsi secara normal. Kedua, menjaga kelancaran aliran air dari hulu ke hilir. Ketiga, hindari penebangan pohon (illegal loging).

Keempat, meningkatkan kewaspadaan masyarakat di lingkungan kawasan hutan dan perbukitan. Kelima, warga masyarakat diseru selalu mengikuti perkembangan situasi dan kondisi cuaca terkini sebagaimana diprediksikan oleh Badan Metereologi Kelimatologi Geofisika (BMKG).

Keenam, jika hujan deras terjadi lebih dari 2 jam, masyarakat agar tanggap dan waspada untuk bersiap melakukan evakuasi secara mandiri. Ketujuh, aktifkan Tim Tanggap Bencana (TTB) di tingkat komunitas desa maupun kecamatan, untuk senantiasa siap melakukan simulasi penanganan bencana.

Kedelapan, pada saat musim penghujan warga masyarakat diimbau untuk menghindari kawasan aliran sungai, lereng tebing maupun daerah rendah yang rawan banjir.

Bambang Pur