blank
Di gelaran AMD, Takmir Masjid Al-Falah Kampung Madyorejo, Jetis, Sukoharjo, juga menyediakan jasa pelayanan pemeriksaan kesehatan.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Gelaran Al-Falah Market Day (AMD) kali ini, diramaikan dengan perlombaan permainan lato-lato. Event AMD digelar di ruas Jalan Semeru Selatan, kompleks Masjid Al-Falah, Kampung Madorejo RT 1/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo.

Sebagaimana event AMD sebelumnya, selalu diawali dengan salat Subuh bersama, dilanjutkan dengan pengajian umum. Untuk pengajian umum kali ini, menampilkan Ustadz A Zanin Nu’man.

Kata A Zanin Nu’man, di Bulan Rajab sekarang ini, sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan seperti beristigfar, membaca Al-Qur’an dan puasa serta baca Surat Al-Iklhas seribu kali. ”Insha Allah akan mendapatkan banyak keberkahan,” tegas Ustadz A Zanin Nu’man.

Tokoh masyarakat Madyorejo, Begug SW, Senin (13/2), menyatakan, AMD yang dilaksanakan Minggu pagi (12/2), merupakan event yang ketujuhkalinya.

Seusai pengajian dilanjutkan sarapan pagi bersama. Kemudian mulai Pukul 06.00 sampai dengan Pukul 08.00 digelar AMD. Di event yang banyak dibanjiri masyarakat ini, disediakan sejumlah stand yang menjajakan aneka ragam komoditas. Uniknya, transaksi di AMD memberlakukan pemakaian koin.

Pakai Koin

Panitia menyediakan jasa penukaran koin untuk alat pembayaran. ”Mari bapak-ibu yang ingin menukarkan koin, ini dapat dilayani di stand ibu-ibu,” seru komentator Joko Sarjana melalui mesin pelantang suara.

Pihak Takmir Masjid Al-Falah juga menyediakan jasa pemeriksaan kesehatan dengan beaya murah. Untuk pemeriksaan lengkap (gula darah, kolesterol dan asam urat) taripnya Rp 30 ribu. ”Kalau hanya cek tensi tidak membayar alias gratis,” jelas Begug SW.

Pengunjung dapat memilih aneka menu makan sarapan pagi, seperti nasi lenjongan, bubur kacang ijo, cilok, bubur lemu dan lontong, dimsum ayam, aneka jus dan burger. Di Stand Putra Dhenok, menjajakan menu selat dan sop matahari serta gado-gado. Dijajakan pula aneka cemilan, bubur jagung, tahu petis, tahu bakso, es cincau, sembako, telur asin, ketan bubuk, ketan juruh dan ketan keju, minuman cimory dan Soto Carikan, serta aneka busana di stand fashion, obat herbal dan gas elpiji.

Ketua Takmir Masjid Al-Falah, Rudy Setyohadi, menyatakan, dari pihak Unit Pengumnpul Zakat (UPZ) membagikan membagikan 50 lembar kupon belanja gratis masing-masing senilai Rp 50 ribu untuk dibelanjakan di AMD. Kupon dibagikan kepada para duafa sekitar Masjid Al Falah berkoordinasi dengan tiga Ketua RT, dan warga di lingkungan Masjid Al Ikhlas Bulusari.

Untuk lomba Lato-lato diikuti 11 anak, juara 1,2 dan 3 dimenangi oleh Raka, Elmino dan Dikky. Gelar juara umum dengan durasi paling lama memainkan lato-lato, dimenangi oleh Azam dengan waktu 8,20 menit.

Bambang Pur