blank
Warga mendonorkan darahnya pada kegiatan donor darah yang diadakan Klinik Kimia Farma Universitas Semarang (Klinik KF USM). (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai bentuk peranan Universitas Semarang di masyarakat, Klinik USM Jaya managed by Kimia Farma (Klinik USM Jaya) menggelar donor darah pada 13 Februari 2023.

Dalam pelaksanaannya, Klinik USM Jaya bersama PMI Kota Semarang berhasil mengumpulkan belasan kantong darah.

Kegiatan yang berlangsung di lantai 2 Klinik USM Jaya ini diikuti para pendonor yang merupakan civitas akademika USM serta masyarakat sekitar.
Menurut Kepala Klinik, Reza Nazarudin Hidayat, kegiatan ini merupakan kali pertama Klinik USM Jaya menggelar donor darah. Pihaknya mengapresiasi para pendonor yang sudah mendonorkan darahnya.

“Ini kali perdana Klinik USM Jaya mengadakan kegiatan ini. Semoga ke depan lebih banyak pendonor yang akan mengikuti kegiatan seperti ini, khususnya mahasiswa USM,” ucap Reza saat ditemui ketika memantau jalannya kegiatan.
Pihaknya juga akan mempertimbangkan kegiatan ini agar dapat menjadi kegiatan rutin ke depan.

“Kami akan meningkatkan promosi kegiatan yang ada di klinik ini agar banyak yang ikut serta mendonorkan darahnya sehingga rencana untuk merutinkan kegiatan ini dapat terealisasi,” katanya.

Perwakilan PMI Kota Semarang, Dr. Gunarto Darmawan mengatakan, pihaknya juga turut mengapresiasi kegiatan ini dan merasa kegiatan ini perlu dikembangkan lagi karena memiliki banyak manfaat bagi Klinik USM Jaya serta masyarakat.

”Ini merupakan kegiatan sosial yang bagus, semoga akan terus berkembang. Ini kan kali pertama dilakukan di klinik ini (Klinik KF USM), selama ini hanya dilakukan oleh KSR USM (Korps Sukarela) PMI USM saja,” ujar dokter yang juga praktik di Klinik Jaya USM.

Zidan/Mh