blank
Kepala Kanim Kelas II Non TPI Wonosobo Ari Widodo saat melakukan perekaman IKD di kantornya. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Wonosobo melakukan upaya jemput bola perekaman Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI setempat.

Perekaman yang diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI di lantai II Ruang Rapat Kanim itu, dipantau langsung oleh Kepala Kanim Wonosobo Ari Widodo dan Kepala Disdukcapil Tarjo.

Ari Widodo menyambut baik upaya jemput bola pihak Disdukcapil dalam perekaman IKD di instansi yang dipimpinya. Karena petugas datang langsung ke lokasi maka dapat mempercepat dan mempermudah perekaman IKD bagi anak buahnya.

“Saya minta seluruh ASN dan karyawan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI melakukan perekaman IKD. Sehingga data-data kependudukan dan data terkait lainnya bisa diakses secara digital, real time. Kapan saja dan di mana saja,” ujar dia.

Informasi Elektronik

blank
Kepala Disdukcapil Wonosobo, Tarjo. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala Disdukcapil Wonosobo Tarjo mengungkapkan IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai atau HP yang dimiliki setiap orang.

“Dalam IKD menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan dan untuk mempermudah dalam pelaksanaan transaksi layanan publik dan menghindari terjadinya pemalsuan data kependudukan,” kata dia.

Dia berharap setiap pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) WNI melakukan perekaman IKD. Karena dengan aplikasi tersebut membuat setiap warga dapat membuka data secara digital melalui HP atau laptope.

“Jika sewaktu-waktu data KTP diperlukan tinggal membuka aplikasi IKD. Saat ini kami sedang melakukan upaya jemput bola di ke kantor-kantor. Warga juga bisa melakukan perekaman IKD di Kantor Disdukcapil setiap jam kerja,” katanya.

Muharno Zarka