blank

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)- Kiprah Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jateng semakin dipercaya dan kuat di wilayah DIY, termasuk di dunia pendidikan melalui penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Senin (6/2/2022) di Kampus UTY, Jalan Ringroad Utara Yogyakarta.

Bank Jateng merupakan salah satu dari 25 institusi dari Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja (Dudika), yang menandatangani MoU dengan UTY dalam implementasi pengeembangan kurikulum yang melibatkan Mitra Dudika dalam proses pembelajarannya sesuai dengan penerapan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Layanan Bank Jateng semakin luas dengan MoU ini Bank Jateng juga bisa melayani pembayaran penerimaan wesel, pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), pinjaman, dan lainnya,” ungkap Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasuri dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Ony Suharsono kepada KR, usai penandatanganan MoU.

Baca Juga:Bank Jateng Dukung Penanganan Stunting lewat Bantuan Beras Fortifikasi

Selain itu mahasiswa UTY juga bisa magang, belajar praktek perbankan secara langsung di Bank Jateng. “Demikian juga narasumber kompeten dari UTY (dosen, pakar) juga bisa memberikan pelatihan pada Bank Jateng dan lainnya,” ungkap Ony.

Dalam sambutannya Rektor UTY Dr. Bambang Moertono S MM Akt CA mengapresiasi 25 institusi dari Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja (Dudika) yang menandatangani MoU untuk peningkatan kualitas pendidikan dengan bekal ketrampilan yang kompeten yang bisa didapat mahasiswa/dosen UTY dari Dunia Pendidikan. “Banyak program yang bisa disenergikan antara dunia.pendidikan tinggi dan Dudika,” ucapnya.

Demikian juga Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta Prof drh Aris Junaidi PhD menyatakan Pemerintah melalui Kemendikbudristek RI terus mendorong kolaborasi pendidikan tinggi dengan Dudika.

“Ada juga Program Matching Fund Kedaireka Kemdikbudristek di mana pemerintah bisa menambahkan dana sama bahkan berlipat dari nilai kerjasama yang sudah disepakati dari PT dan Dudika,” jelasnya.

Bank Jateng