blank
Tim dosen STIEPARI memaparkan bagaimana mengelola kegiatan pariwisata di depan warga Ngaduman. Foto: Trenggono

UNGARAN (SUARABARU.ID) – Tim Dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), untuk memenuhi kewajiban dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, i Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, 3-4 Februari 2023.

Menurut anggota tim, Trenggono, pada semester ini Tim Dosen dari STIEPARI Semarang melaksanakan kegiatan PKM ini di Dusun di lereng Gunung Merbabu ini merupakan permukiman tertinggi di bagian utara lereng Gunung Merbabu dengan ketinggian 1.736 mdpl.

“Dusun Ngaduman memilik 74 KK dan mayoritas penduduknya beragama Kristen dan berprofesi sebagai Petani,” kata Trenggono.

Pengabdian masyarakat ini dengan Tema “Membangun Desa Melalui Pariwisata”, tambah Trenggono, bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada warga Dusun Ngaduman mengenai bagaimana mengelola potensi wisata yang dimiliki Dusun Ngaduman secara lebih baik  sehingga potensi wisata di Dusun Ngaduman bisa dikenal luas oleh masyarakat serta dapat meningkatkan perekonomian warga Dusun Ngaduman.

“Kami menjelajah Dusun Ngaduman untuk melihat potensi wisata yang ada di tempat in. Dusun Ngaduman memiliki trek yang cukup populer di kalangan atlet atau penggemar olahraga sepeda downhill. Trek downhill yang disuguhkan di Dusun Ngaduman ini memiliki daya tarik yang luar biasa, jalur yang menantang adrenalin serta  dikelilingi pemandangan yang indah khas pemandangan lereng gunung Merbabu.