Mahasiswa KKN USM menanam mangrove di alur Bantaran Sungai Banjir Kanal Barat Kelurahan Tawang Sari Kecamatan Semarang Barat pada 5 Februari 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mahasiswa KKN USM Tanam Mangrove di Alur Bantaran Sungai Banjir Kanal Barat Kelurahan Tawang Sari Kecamatan Semarang Barat pada 5 Februari 2023.

Kegiatan yang merupakan program kerja mahasiswa KKN USM itu dibantu warga Kawasan Grand Marina.

Warga Grand Marina, Parwoto mengatakan, lokasi penanaman bibit mangrove di alur Banjir Kanal Barat ini merupakan lahan kritis yang masuk di wilayah Kecamatan Semarang Utara. Pihaknya mengapresiasi kerja mahasiswa KKN USM, karena telah memberikan kontribusi positif bagi warga.

Para mahasiswa KKN USM bersama dosen pembimbing lapangan, Hani Purwanti., S.T., M.T foto bersama seusai menanam mangrove di alur Bantaran Sungai Banjir Kanal Barat Kelurahan Tawang Sari Kecamatan Semarang Barat pada 5 Februari 2023. (Foto:News Pool USM)

”Meskipun lokasi yang sangat becek dengan kondisi lahan berlumpur dengan kedalaman tanah lumpur berkisar 50 cm sampai 80 cm, mahasiswa semangat melaksanakan penanaman mangrove,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing lapangan Hani Purwanti., S.T., M.T mengatakan, kegiatan ini untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam.

”Kami berharap, penanaman mangrove ini bermanfaat bagi warga sekitar,” ujarnya.

Lurah Tawangsari, Sunarti mengatakan, mahasiswa KKN USM sangat peduli dengan lingkungan. Selain menanam mangrove, mereka juga melakukan proker menghidupkan kembali tanaman hidroponik di lingkungan kelurahan.

”Proker ini merupakan kelanjutan dari kegiatan senior mereka di tahun 2020. Kami berterim kasih atas peran serta mahasiswa KKN USM yang sudah sangat peduli terhadap lingkungan sosial dan lingkungan,” ujarnya.

Selain proker penanaman mangrove, katanya, mereka juga memberikan penerangan jalan di lingkungan kelurahan dan jalan utama menuju ke kantor kelurahan. Hal ini sangat membantu untuk menjaga keamanan lingkungan.

”Saya mengapresiasi kinerja para mahasiswa KKN USM,” ungkapnya.

Muhaimin