blank
Seorang pedagang berdialog dengan Kapolresta, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Sesuai arahan Kapolri, jajaran Polresta Magelang sejak Januari 2023 menggelar program Jumat Curhat, termasuk hari ini. Dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk berkeluh kesah kepada Kapolresta Magelang, secara langsung.

Hari ini (Jumat 3/2) Terminal Bus Muntilan menjadi sasaran kegiatan tersebut. Tepatnya di sebuah warung kopi yang biasa dijadikan tempat berkumpul sopir, pedagang dan warga masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolresta Kombes Pol Ruruh Wicaksono berdialog santai dengan masyarakat, sehingga merasa dekat dan nyaman mengungkapkan aspirasinya.

“Dengan seperti ini, para pedagang dan sopir angkot bisa duduk bersama. Suasana yang gayeng menjadikan masyarakat bisa dekat dengan kami,” ungkap Kapolresta.

Dia minta masyarakat untuk tidak ragu-ragu bertanya dan mengungkapkan tentang apa pun yang dirasakan.

Pedagang keliling, Sugiman, warga Mertoyudan, mengeluhkan dagangannya berupa sepasang wayang yang sudah lama ditawarkan, tidak terjual. Mendapat keluhan tersebut, secara spontan Kapolresta Magelang membeli dagangan tersebut tanpa menawar.

“Kami sangat senang terhadap program Jumat Curhat dari polisi ini, karena sangat berguna bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi dan aduan secara langsung. Paling tidak keluhan-keluhan kami ada yang mendengarkan,” kata Sugiman.

Beberapa sopir lainnya yang hadir juga menyampaikan keluhan. Ada yang mengeluhkan adanya copet dalam kendaraan. Selain itu kendaraan berpelat hitam digunakan untuk mengangkut penumpang. “Tolong kami dibantu,” pinta seorang pengemudi yang enggan menyebutkan namanya.

Selanjutnya Kapolresta minta Kasat Reskrim dan Kasat lantas untuk menindaklanjuti keluhan tersebut. Agar situasi Kamtibmas yang kondusif dapat terwujud.

“Seluruh jajaran Polres dan Polsek setiap Jumat melaksanakan kegiatan Jumat Curhat. Silakan berikan masukan, tanyakan apa yang belum diketahui,” pintanya.

Dalam kegiatan hari ini Kapolresta didampingi Wakapolresta Kompol Aron Sebastian, Kabag Ops, Kasat Lantas, Kasat Reskrim, Kasat Narkoba.

Eko Priyono