blank
Personel TNI dari Koramil-10 bersama anggota Polsek Wuryantoro, tampil memprakarsai penanganan pohon tumbang di ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Gunungkidul (DI Yogyakarta) tepatnya di Dusun Nglingi, Gumiwang Lor, Wuryantoro, Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Gunungkidul (DI Yogyakarta), Jumat (3/2), terhalang pohon tumbang. Lokasi pohon tumbang berada sekitar Kilometer 10 jalur Wonogiri-Wuryantoro, tepatnya di Dusun Nglingi, Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Warga menyebutkan, tumbangnya pohon ke badan jalan, berlangsung bersamaan dengan turunnya hujan deras disertai angin kencang. Tidak ada korban jiwa maupun luka, karena saat itu tidak bersamaan dengan adanya arus lalu lintas yang melaju di ruas jalan tersebut.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto melalui Penerangan Kodim (Pendim) Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas, dilakukan tindakan cepat untuk menyingkirkan pohon tumbang ke badan jalan tersebut.

Itu dilakukan oleh personel Babinsa Serda Dwiyanto dari Koramil-10 Wuryantoro bersama dengan anggota Polsek Wuryantoro Aiptu Kardi dan Bripda Wahyu. Pamong Desa dan warga masyarakat Dusun Nglingi, Desa Gumiwang Lor, ikut membantu melakukan pemotongan dan menyingkirkan pohon tumbang yang menghalangi jalan tersebut.

Tindakan percepatan yang diprakarsai oleh personel TNI dari Koramil dan anggota Polsek Wuryantoro itu, telah berdampak melancarkan kembali arus lalu lintas yang semula macet. Hubungan darat antarkecamatan Wonogiri-Wuryantoro dan akses jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Gunungkidul (DI Yogyakarta), berhasil dipulihkan kembali kelancarannya.

Kepada masyarakat, diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya saat terjadi hujan deras yang disertai angin kencang. Sebab dalam cuaca yang ekstrem seperti itu, berpotensi memunculkan bencana alam hidrometereologi. Bila sampai terjadi bencana, segera laporkan secepatnya ke petugas.

Bambang Pur