blank
Kanwil Kemenkumham Jateng saat gelar audiensi bersama Bupati Karanganyar, bahas rencana pembangunan Rutan. Foto: Dok/Kanwil

KARANGANYAR (SUARABARU.ID) – Jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah yang dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah, DR. A. Yuspahruddin, melakukan audiensi dengan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Kamis (2/2/2023).

Dalam pertemuan yang berlangsung di Rumah Dinas Bupati Karanganyar tersebut, Yuspahruddin menyerahkan surat balasan dari Menteri Hukum dan HAM terkait tindak lanjut rencana pembangunan Rutan Surakarta.

Juliyatmono yang didampingi jajarannya menerima surat tersebut dan menyambut baik, serta mengimbau untuk se-segera mungkin rencana pembangunan Rutan Surakarta direalisasikan.

“Kalau bisa rencana ini segera direalisasikan, karena dari Pemkab sudah siap melepas asset, sedangkan dari Kemenkumham sendiri anggaran juga sudah ada. Kalau bisa bulan Maret itu sudah mulai pemadatan,” tuturnya.

Diketahui, dalam proses pemilihan lokasi baru untuk Rutan Surakarta bukan hanya perihal ketersediaan lahan. Ada berbagai pertimbangan yang menjadi perhatian.

Misalnya soal lingkungan yang nyaman dan aman, memiliki pasokan air yang mencukupi untuk kebutuhan di dalam Rutan dan terhindar dari banjir.

Juliyatmono meyakini jika lokasi tersebut cocok digunakan untuk pembangunan Rutan Surakarta yang baru. Selain itu, pembangunan Rutan di Karanganyar juga bisa menambah penghasilan masyarakat sekitar.

Namun ada kendala dalam proses pembangunan Rutan Surakarta, yakni proses perpindahan ke Kelurahan Tegalgede, Kabupaten Karanganyar, karena masih ada lahan yang memiliki status sebagai lahan hijau.

Dalam kesempatan itu, Yuspahruddin dan jajaran meminta dukungan dari Bupati Karanganyar agar proses pengalihan lahan dari lahan hijau menjadi lahan kuning yang dalam hal ini kewenangan Kementerian ATR/ BPN segera rampung, agar proses relokasi bisa segera dimulai.

Dalam pertemuan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar telah menyediakan lahan sebagai lokasi baru untuk Rutan Surakarta.

Lahan tersebut terletak di Lingkungan Ngrawoh, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar dengan total luas keseluruhan 32.583 meter persegi.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto, Kepala Bagian Umum, Budhiarso Widhyarsono, Kepala Bagian dan Program Humas, Toni Sugiarto, dan Kepala Rutan Surakarta Urip Dharma Yoga.

Hadir juga Setda Kabupaten Karanganyar, Kepala BKD Kabupaten Karanganyar, dan Kepala Bagian Hukum Pemkab Karanganyar.

Ning Suparningsih