blank
LLDIKTI Wilayah VI perkenalkan Program Go Beyond dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Badan Penyelenggara dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023, di Hotel Patra Semarang, Rabu (1/2/2023).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka mendorong arah perubahan Perguruan Tinggi (PT) ke masa depan, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI memperkenalkan program Go Beyond – Innovate and Inspire.

Program Go Beyond ini sendiri diluncurkan pada saat digelarnya Rapat Koordinasi Pimpinan Badan Penyelenggara dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023 yang diadakan di Hotel Patra Semarang, Rabu (1/2/2023).

Adapun rakoor bertema ‘Kerja Bersama Brayat Agung Pendidikan Tinggi Jawa Tengah untuk Mewujudkan Tata Kelola Perguruan Tinggi Berkualitas’ tersebut diadakan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi LLDIKTI sesuai Peraturan Mendikbud Ristek No.35/2021 tentang fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan tinggi.

“Melalui Rakor ini harapannya LLDIKTI Wilayah VI dan seluruh pemangku kepentingan mempunyai persepsi, visi dan misi serta komitmen untuk meningkatkan kualitas dan berkontribusi secara signifikan dalam mengangkat reputasi pendidikan tinggi di Jateng dan Indonesia,” kata Dr. Lukman selaku Direktur Kelembagaan Dikti.

Dirinya menjelaskan, pelucuran program Go Beyond ini mau tidak mau akan membuat perguruan tinggi untuk hijrah move on mengarah ke masa depan. Oleh karenanya tujuan akhir dari program ini akan membuat perguruan tinggi mampu bersaing tak hanya di tingkat nasional saja, tapi juga internasional.

Lukman mengungkapkan, Go Beyond sendiri dapat diterjemahkan menjadi bergerak melewati batasan diri dan menjadi versi yang terbaik dengan melakukan perbaikan dan inovasi terus menerus untuk memberikan layanan dan kinerja yang prima, serta menginspirasi para pemangku kepentingan baik di Jawa Tengah maupun Nasional.

Adapun program fasilitatif yang masuk di dalam kerangka Go Beyond di antaranya seperti Pinarak (Pojok Inklusif Bicara Akreditasi), Pakarti (Pendampingan Kinerja Perguruan Tinggi), Forkama (Forum Pengelola Kerjasama Perguruan Tinggi), dan Bursa KMM (Bursa Kerja Kampus Merdeka Mandiri).

“LLDIKTI Wilayah VI juga melanjutkan pembangunan Zona Integritas sebagai upaya nyata LLDIKTI Wilayah VI untuk melakukan Reformasi Birokrasi secara berkelanjutan dalam rangka meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani,” katanya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, saat dimintai keterangan pers mengajak kepada seluruh Perguruan Tinggi untuk bekerja sama mewujudkan tata kelola yang baik di semua perguruan tinggi – perguruan tinggi yang ada.

“Kita semua di seluruh Perguruan Tinggi harus saling kerja sama demi terwujudnya perguruan tinggi yang maju dan bermutu. Kami (LLDIKTI Wilayah VI) akan terus meningkatkan kualitas layanan, termasuk untuk layanan online yang saat ini sudah ada 40 layanan,” katanya.

Dengan adanya layanan online ini, sangat memudahkan semua perguruan tinggi di daerah – daerah, termasuk yang pelosok seperti di Majenang dan Wonogiri. Selain itu, Seruni Advance juga dijelaskan sudah dikembangkan sebagai sarana perhitungan dan pengajuan pembayaran TPD dan TKGB PNS dan Non PNS.

Hery Priyono