blank
PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta saat mengunjungi situs watu bobot di Desa Batealit.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Saat Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengunjungi Desa Somosari dan Desa Batealit pada Rabu (1/2/2023) sebagai upaya pemerataan kebijakan Pemerintah Kabupaten Jepara, dirinya tertarik dengan keberadaan situs sejarah yang diberi nama Watu Bobot.

Edy tertarik mengembangkan wisata situs sejarah watubobot tersebut karena di area situs terdapat mata air yang berpotensi untuk dikembangkan. Edy juga mendorong pengembangan wisata lainnya di Kecamatan Batealit untuk meningkatkan perekonomian warga.

Menurut masyarakat setempat watu bobot yang berada di sumber mata air atau belik ini dapat memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Karena dengan keberadaan sumber mata air watu bobot, masyarakat dapat mengairi sawahnya serta dapat memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Selain ke situs watu bobot, Pj. Bupati Jepara juga mengecek sejumlah infrastruktur seperti jembatan dan jalan. Didapati bahwa di jembatan Mosari terdapat kerusakan berupa pondasi jembatan yang mulai tergerus air sungai serta pinggir jalan depan SD Negeri 2 Somosari yang longsor.

“Nanti PUPR cek dulu, apabila perlu diperbaiki langsung perbaiki. Kita usahakan di tahun 2023,” katanya.

Mendengar keluhan warga mengenai kelangkaan pupuk, Edy menawarkan solusi berupa penggunaan pupuk organik secara bertahap sehingga petani tidak ketergantungan pada pupuk organik.

“Saya minta kepada dinas pertanian didampingi asisten II untuk mengajak petani belajar menggunakan pupuk organik secara efektif,” kata Edy.

Terkait penanganan stunting, Kecamatan Batealit merupakan yang terbaik se-Kabupaten Jepara. Dari dua desa yang dikunjungi Pj. Bupati, terdapat masing-masing 3 anak penderita stunting. Secara presentase jumlah anak penderita stunting di Kecamatan Batealit hanya berkisar 4%.

“Nanti kita buat lomba penanganan stunting antar desa. Ini belum ada di Indonesia lho, mungkin ini wangsit setelah saya berkunjung ke watu bobot,” ucap Edy berkelakar.

ua/diskominfo