blank
Ilustasi olahraga, nge-gym, treadmill. Foto: Dok/Suara.com/Shutterstock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Treadmill adalah alat yang mampu membantu kita untuk berjalan, berlari, bahkan berjalan menanjak tanpa berpindah tempat. Alat ini terinspirasi dari cara kerja alat penggilingan pada saat belum ditemukannya mesin.

Treadmill merupakan alat kebugaran yang paling banyak digemari. Pasalnya treadmill mudah digunakan dan bisa menjadi pembakar kalori yang efektif. Berolahraga kardio dengan treadmill bisa dikatakan fleksibel karena bisa dilakukan di dalam ruangan dan kita bisa mengatur kondisi treadmill sesuai keinginan.

Dilansir dari Suara.com, pengguna treadmill dapat dengan mudah berlari atau berjalan dengan konstan pada alat ini. Karena kemudahannya seringkali banyak orang yang menyepelekan penggunaan treadmill. Ada beberapa kesalahan sepele yang bisa jadi fatal untuk tubuh kamu. Apa saja?

1. Berjalan atau berlari sambil memegang handle

Handle atau pegangan di treadmill memang ditujukan untuk menjaga kestabilan saat berolahraga. Namun memegang handle bisa menyebabkan posisi tubuhmu saat berlari atau berjalan tidak natural. Biasanya memegang handle dilakukan saat tubuh terlalu lelah dan tidak bisa mengikuti kecepatan dari treadmill. Hal ini juga bisa mengurangi pembakaran kalori di dalam tubuh.

Ada baiknya kamu tidak terburu-buru menaikkan kecepatan dari treadmill. Mulailah dari kecepatan yang bisa kamu ikuti. Berjalanlah seperti biasa, ayunkan kedua tangan dengan rileks. Jika dibandingkan dengan berjalan atau berlari sambil memegang handle, mengayunkan lengan bisa membuat aktivitas olahraga ini lebih efektif.

2. Posisi tubuh yang salah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Posisi tubuh yang salah bisa menurunkan efektifitas dari kegiatan olahraga dengan treadmill. Selain posisi lengan, tubuh dan langkah kaki juga perlu diperhatikan. Seringkali posisi tubuh cenderung bungkuk ke depan untuk menjaga keseimbangan. Sebaiknya tubuh dalam posisi tegak dan pandangan ke depan.

Begitu pula dengan langkah kaki. Usahakan untuk menapak menggunakan ujung kaki terlebih dahulu dibandingkan menggunakan tumit. Hal ini dikarenakan menapak dengan menggunakan tumit menyebabkan adanya kesan seperti hambatan dalam melangkah. Tentu saja ini membuat tubuh lebih cepat lelah.

3. Tidak menantang diri sendiri

Seringkali pengguna treadmill hanya menggunakan batas aman kecepatan saat berolahraga. Kamu bisa menggunakan ragam fitur treadmill seperti incline atau program untuk meningkatkan efektifitas dari kegiatan olahragamu. Cobalah untuk tingkatkan kecepatan dengan perlahan dan gunakan incline untuk menantang diri sendiri. Namun tetap pastikan kamu dalam posisi tubuh yang benar.

Ketiga kesalahan tersebut paling sering ditemukan diantara para pengguna treadmill. Jangan diulang ya, selamat berolahraga!

Ning Suparningsih