blank
Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ratib Zaini saat menyampaikan sambutan Pj Bupati Jepara (Foto: Kmf)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Hajat besar rakyat Indonesia dalam memilih pemimpin negara, pemimpin daerah dan DPR ini disambut dengan pemahaman yang baik. Sebab melalui Pemilu 2024 akan menentukan masa depan bangsa Indonesia.

Karena itu Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Lensa Media, Universitas Nadhlatul Ulama (Unisnu) Kabupaten Jepara menyelenggarakan seminar nasional bertajuk “Sudah Pahamkah Pemuda terhadap Pemilu 2024?”. Kegiatan tersebut diadakan di Pendapa R. A. Kartini, Kabupaten Jepara pada Selasa, (31/1/2023). Acara tersebut dilakukan secara daring dan luring.

Pj Bupati Jepara dalam sambutannya yang disampaikan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ratib Zaini mengapresiasi niat baik penyelenggara sebagai perkumpulan pemuda yang sudah mempertanyakan apa yang bisa diberikan kepada negara.

“Pemilu tak akan berjalan sukses tanpa ada dukungan obyek pemilu dan subyek pemilu. Kapan lagi kita bisa berpartispasi untuk mengisi kemerdekaan kalau tidak dari hati nurani sendiri. Saya yakin dan percaya kalau ada niat baik akan berbalas baik,” tandas Ratib.

Menurut perwakilan Rektor Unisnu Jepara Arif Mustofa, seminar pemilu menarik mahasiswa, karena separuh dari mahasiswa
adalah pemilih pemula. “Karena mahasiswa adalah agent of change bisa mengubah tatanan, sehingga keberadaan di masyarakat juga berguna di masyarakat khususnya dalam menghadapi pemilu 2024,” kata Mustofa.

Sedangkan Ketua Umum LPM Lensa Media Unisnu Ahmad Nur Ihsannudin menyampaikan bahwa seminar tersebut tidak hanya untuk kalangan pemuda tapi juga masyarakat. Kami ingin pemuda memberikan kontribusi.

Sebab berdasarkan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) dari KPU Kabupaten Jepara, hingga September 2022 total pemilih berjumlah 878.479 jiwa dengan rincian 437.240 laki-laki dan 441.239 perempuan. Sedangkan potensi jumlah pemilih pemula sebesar 44.615 jiwa.

Hadepe – Kmf