blank
Personel TNI dari Koramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi instruktur dalam pembekalan LDK kepada siswa SMA Negeri 1 Manyaran Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel TNI dari Koramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi instruktur dalam memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Ini dilakukan kepada para calon pengurus baru Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Manyaran Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, LDK adalah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Tujuannya untuk membekali calon pengurus OSIS yang baru, sebelum dilakukan alih kepemimpinan dari pengurus OSIS yang lama kepada yang baru.

Kepada para calon pengurus baru yang menjalani LDK, diberikan pembekalan dalam rangka melatih jiwa kepemimpinan dan pembinaan karakter siswa yang menjadi pengurus OSIS periode 2022/2023.

Tampil menjadi instruktur pelatih, Anggota TNI dari Koramil-11/Manyaran Serka Suryadi dan Sertu Sambudi. Turut memberikan pendampingan pelatihan, Kepala Sekolah (Kasek) SMA Negeri 1 Manyaran, Budiono, Danramil-11/Manyaran Kapten (Arh) Hadi Santoso, Guru Bimbingan Penyuluhan (BP) Helga Furnindo dan Dwi Hujanah.

Materi pelatihan yang diberikan meliputi pembekalan kepemimpinan, yang disampaikan langsung oleh Danramil Kapten (Arh) Hadi Santoso. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dilakukan oleh Anggota Babinsa.

Danramil Kapten (Arh) Hadi Santoso, mengatakan, pemberian materi dalam LDK bertujuan untuk menanamkan jiwa kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan bagi para Pengurus OSIS. Harapannya, mampu memimpin OSIS dan bisa menjadi contoh yang baik bagi seluruh siswa-siswi SMAN 1 Manyaran.

Para siswa yang akan menjadi Pengurus OSIS, harus lebih dulu bisa memimpin dirinya sebelum memimpin orang lain. Harus dapat menjadi contoh teladan bagi siswa yang lain, agar lebih dapat disiplin dan bertanggung jawab.

Pembekalan LDK, merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa-siswi pengurus OSIS. Tujuannya, untuk membentuk karakter, sikap disiplin, loyalitas dan jiwa kepemimpinan. Kepada mereka juga diberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Bambang Pur