blank
Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah (berdiri kelima dari kiri) foto bersama dengan para jamaah Salat Subuh Masjid Baitul Rahman Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebagai Kapolres Wonogiri yang baru, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, tampil memprakarsai safari salat Subuh berjamaah di beberapa masjid.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, diantaranya Minggu (29/1), Kapolres mendatangi Masjid Baitul Rahman Wonogiri, untuk beribadah salat Subuh bersama. Kehadirannya, disambut senang dan bahagia oleh umat Muslim.

Kapolres, menyampaikan, safari Salat Subuh berjamaah di masjid menjadi bagian dari upaya mengembangkan kegiatan silaturahim. Yakni dalam rangka menjalin ukhuwah Islamiyah. Juga dalam upaya mempererat kerukunan antarsesama umat.

Bersamaan itu, Kapolres berusaha menyerap masukan dan aspirasi dari masyarakat. Juga menyampaikan imbauan tentang pentingnya memelihara keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), agar tetap terkendali dan kondusif.

”Insha Allah, kami akan melakukan kegiatan ini secara rutin untuk bersilaturahmi dengan seluruh takmir masjid dan juga dengan marbot masjid di wilayah Wonogiri,” ujar Kapolres.

Di sisi lain, Kapolres berharap, dari safari Salat Subuh ini akan mendapatkan banyak nasihat dari para ulama. Juga masukan, nasehat dan petuah dari para kiai dan ustadz, yang akan dijadikan tambahan bekal dalam melaksanakan tugas kepolisian dalam menjaga Kamtibmas.

Kepada para jamaah Salat Subuh, Kapolres berpesan bahwa Salat Subuh berjamaah bertujuan untuk meramaikan dan memakmurkan masjid. ”Kami berharap, para jamaah ikut mendukung tugas-tugas kepolisian dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Wonogiri,” jelasnya.

Dalam Safari Salat Subuh itu, dipanjatkan doa: ”Robbi auzi’niii an asykura ni’matakal latiii an’amta ‘alayya wa ‘ala waalidayya wa an a’mala sholihan tardhohu wa ashlih lii fii dzurrtatii, inni tubtu ilaika wa innii minal Muslimiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).” (QS Al-Ahqaf Ayat 15)

Bambang Pur