blank

Oleh : M. Erwin Saputro

Program nanam bareng (nabar) SDN 5 Tubanan Satkordik Kecamatan Kembang yang dilaksanakan pada Jumat pagi (27/01/2023) membawa suasana pembelajaran yang berbeda dari biasanya. Pasalnya di pagi itu para siswa diajak senam kebugaran SKJ dan apel pagi kemudian dilanjutkan dengan pemberian 850 bibit tanaman holtikultura dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara. Penyerahan dilakukan oleh Nasuka selaku Koordinator Satkordik Kecamatan Kembang yang akan ditanam dimasing-masing perkarangan rumah mereka.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan kurikulum merdeka. Dalam projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila yang tentunya disesuaikan dengan fase-fase pembelajaran dimasing-masing jenjang pendidikan.

Dalam sambutannya Nasuka menyampaikan terima kasih sekali kepada dewan guru SDN 5 Tubanan yang telah mampu mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik. “Harapan saya akan mampu menjadikan contoh inspirasi bagi sekolah lain untuk terus mengembangkan potensi dan kemampuannya demi kemajuan pendidikan khususnya di Satkordik Kecamatan Kembang yang mengarah ke sekolah adiwiyata,” ujar Nasuha

Ada 6 dimensi dalam pelaksanaan P5 dalam kurikulum merdeka; (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan berakhlak mulia, (2) berkebhinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) Kreatif.
Dari dimensi itulah yang akan membedakan serta menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif saja, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

Sukamto pengawas SD Satkordik Kecamatan Kembang juga berharap dengan kegiatan ini agar semua guru turut memantau perkembangan dan pertumbuhan tanaman tersebut. “Jadi kegiatan ini bukan hanya simbolis belaka namun harapan nantinya tanaman ini juga memberi manfaat bagi siswa kelak dikemudian hari, khususnya dari buah yang akan dihasilkan nanti,” pinta Sukamto

Melalui kegiatan nabar inilah harapan kedepan para siswa lebih meningkatkan kepekaan sosialnya terutama pada lingkungan sebagai wujud ketakwaan dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai insan yang berakhlak mulia seperti apa yang disampaikan Joelickah Kepala SDN 5 Tubanan dalam sambutannya tersebut.

Selain menanam beberapa pohon di lingkungan sekolah, pada akhir kegiatan ini pula diserahkan tiga bibit tanaman holtikultura pada masing-masing siswa untuk kemudian ditanam di halaman rumah mereka dengan membuat laporan penanaman berupa foto selfy saat menanam. Hal ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggungjawab yang telah menerima bibit tanaman untuk ditanam sesuai pengamalan Pancasila.

Penulis adalah guru SDN 5 Tubanan