blank
Mahasiswa KKN USM bersama Lurah Muktiharjo Kidul, Lurah Muktiharjo Kidul, Sofia Ernawati SE MM foto bersama seusai melakukan Gerakan Penanaman Pohon dan Kerja Bakti. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kelurahan Muktiharjo Kidul bersama warga dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Semarang (USM) melakukan gerakan penanaman pohon dan kerja bakti di Kantor Kelurahan Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Kota Semarang pada Sabtu (28/1/2023).

”Kegiatan ini menindaklanjuti instruksi Wali Kota Semarang untuk menanam tanaman dan kerja bakti,” kata Lurah Muktiharjo Kidul, Sofia Ernawati SE MM.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB, diawali dengan apel pagi di depan kantor kelurahan dan berakhir pukul 11.00. Kegiatan diikuti staf kelurahan, para ketua lembaga LPMK, FKK, BKM, TP PKK, 25 ketua RW, ketua PKK RW, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, mahasiswa KKN Universitas Semarang (USM) dan Upgris.

Lurah Muktiharjo Kidul bersama dengan para ketua lembaga, 25 ketua RW dan PKK serta semua elemen yang terlibat pada acara tersebut berserta mahasiswa USM dan Upgris melakukan kerjabakti bersama dan penanaman pohon sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

”Program penanaman bersama dan kerja bakti serentak se-Kota Semarang ini sebagai wujud penghijauan dan kebersihan di Kota Semarang. Kami dengan adanya program penghijauan ini membuat asri wilayah dan kerja bakti bersama bisa membantu mengurangi banjir di Muktiharjo Kidul,” ujar Erna.

Setelah melakukan penanaman tanaman dan kerja bakti, katanya, dilanjutkan sosialisasi tentang biogas dan pupuk serta keamanan K3 dari mahasiswa KKN Universitas Semarang. Acara sosialisasi yang menyampaikan tentang biogas dan pupuk serta K3 dihadiri semua ketua RW, PKK RW dan tokoh masyarakat.

Kegiatan penanaman pohon berjalan dengan lancar dan mendapatkan sambutan serta apresiasi baik dari ketua lembaga, 25 ketua RW dan PKK serta masyarakat setempat. Bahkan saat penanaman berlangsung, banyak masyarakat yang menyaksikan serta membantu jalannya acara penanaman pohon.

Menurutnya, masyarakat senang dan bangga, karena lurah, lembaga, para ketua RW dan PKK serta mahasiswa KKN USM dan Upgris telah bekerja secara konkret membantu masyarakat dalam melindungi lingkungan, terutama lingkungan yang ada di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Muhaimin