blank
Aneka kerajinan dari kelobot jagung. Foto: Dok/amazon.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kelobot (kulit) adalah daun pembungkus tongkol jagung. Kelobot merupakan braktea yang melingkupi tongkol. Kelobot jagung ini mempunyai banyak manfaat.

Apa saja manfaat dari kelobot? Kelobot lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan hewan, karena memiliki kandungan protein, lemak, dan serat yang cukup, meski tidak tinggi. Bukan itu saja, beberapa orang kerap memanfaatkan kelobot ini sebagai bahan penggulung tembakau saat merokok.

Klobot jagung ini juga biasa digunakan untuk mengemas makanan, seperti dodol atau wajik misalnya. Namun jenis kemasan ini hanya mempertahankan produk dalam waktu singkat. Upaya peningkatan kualitas kelobot jagung dilakukan dengan alternatif pengeringan langsung, water blanching, steam blanching, dan perendaman pada larutan kapur 1%.

Selain itu, kelobot bisa untuk lepet jagung yang merupakan kuliner tradisional dan banyak dijumpai di Jawa Timur. Agak berbeda dengan lepet ketan yang disajikan dalam balutan daun kelapa, lepet jagung terbuat dari parutan jagung, santan, dan gula pasir yang dibungkus dengan kulit jagung.

Selain berbagai manfaat kelobot yang disebutkan di atas, masih banyak manfaat dari kelobot jagung yang mungkin bisa jadi inspirasi kamu untuk menambah pundi-pundi. Salah satunya adalah kerajinan tangan.

Dilansir dari www.amazon.com, kelobot jagung juga bisa dijadikan berbagai hiasan atau aksesori menarik, seperti bunga hias, tas cantik, tempat pensil dan lainnya.

Namun dalam proses pembuatan kerajinan ini memang membutuhkan kreativitas dan imajinasi, sehingga kerajinan kulit jagung, termasuk karya seni yang tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga nilai ekonomi yang tinggi.

Kerajinan kulit jagung sebagian besar berasal dari daerah pertanian yang menjadikan jagung sebagai komoditas utamanya. Di Indonesia, tanaman ini tumbuh hampir di seluruh wilayah, sehingga setiap orang pun bisa membuat macam-macam kerajinan ini. Apa saja macam-macam kerajinan dari kulit jagung ini?

Salah satunya adalah kulit jagung dipadukan dengan kaleng bekas, bisa menjadi tempat pensil yang cantik. Bagimana cara membuatnya..

Pertama, kerajinan kulit jagung tempat pensil bisa dipadukan dengan kaleng bekas di bagian dalamnya. Ketika membuat kerajinan kulit jagung ini, kamu dapat menggunakan lem untuk merekatkan kulit.

Selanjutnya, kamu membutuhkan kaleng dan benang sebagai hiasannya. Pertama-tama, bersihkan kaleng bekas sampai kering, kemudian tempelkan kulit jagung menutupi kaleng. Sebagai hiasan, lilitkan benang mengelilingi kaleng.

Untuk menambah unik tampilannya, tempelkan aksesori sesuai keinginanmu, lalu tempat pensil kulit jagung pun sudah jadi. Nah itu tadi manfaat kelobot jagung yang bisa kamu coba, untuk menambah pundi-pundi kamu ya.. semoga bermanfaat.

Ning Suparningsih