blank
Bandara Ngloram di Kabupaten Blora, kembali dibuka. Pesawat komersil Citilink yang mengawali pendaratan pertamanya, setelah tidak diberlakukannya PPKM. Foto: hms

BLORA (SUARABARU.ID)– Setelah sempat terhenti operasionalnya akibat pandemi covid-19, pada Jumat (27/1/2023), Bandara Ngloram di Kabupaten Blora, kembali melayani penerbangan. Maskapai Citilink hari ini mendarat perdana, dan menandai kembali beroperasinya Bandara Ngloram.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sengaja datang untuk menyambut kedatangan penumpang rute Halim Perdanakusuma Jakarta itu. Turut di dalam penerbangan, Bupati Blora, Arif Rochman dan Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai.

Alhamdulillah, hari ini kami terbang kembali ke Blora. Beberapa bulan kami sempat libur, namun hari ini adalah hari yang sangat berbahagia,” ucap Dewa Kadek Rai, bersama Gubernur Ganjar dan Bupati Arif Rochman.

BACA JUGA: Bersepeda ‘Jajah Desa Milangkori 2023’ Berhadiah Sepeda Motor

Ditambahkan dia, dibukanya rute Jakarta-Blora ini, tidak lepas dari dukungan Gubernur Jateng, Bupati Blora dan juga DPR RI.

”Berkat dukungan Gubernur, Bupati, DPR dan semua semua stakeholder, sehingga operasi pesawat ke Blora ini berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Arif Rochman mengaku senang, karena akhirnya Bandara Ngloram bisa kembali beroperasi. Guna menjaga keterisian penumpang, Pemkab Blora akan menggandeng pemkab yang ada di sekitar Kabupaten Blora.

BACA JUGA: Jumat Berkah Patroli Bansos Mobiling Polsek Blora Bagikan Paket Sembako

”Ini menciptakan market yang bagus. Kami juga mengupayakan, agar berbagai pihak bisa memanfaatkan bandara ini, dan kami menggandeng pemkab-pemkab di sekitar. Hadir di sini perwakilan Bojonegoro, Tuban, Rembang, kemudian dari Pati, Grobogan, nanti bisa mengisi keterisian bandara,” tuturnya.

Ganjar sendiri menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Blora, yang telah mengupayakan Bandara Ngloram kembali beroperasi. Meski baru satu maskapai yang membuka rute, Ganjar optimistis ke depan animonya akan meningkat.

”Sekarang PPKM dicabut presiden, maka banyak even yang mesti dibuat, agar penerbangan bisa rutin, dari dua kali seminggu, harapannya menjadi tiap hari,” harap dia.

BACA JUGA: Haenna Maharani, Mahasiswa USM yang Hebat di Taekwon-do dan Hapkido

Disebutkan juga, bandara ini didesain puluhan tahun, dengan harapan mendukung akses Blok Cepu. Bandara ini diharapkan juga, akan memberikan alternatif akses yang lebih cepat, selain moda transportasi existing.

”Sekarang kita tingkatkan lagi upayanya, dengan memulai kembali penerbangannya. Alhamdulillah, hari ini Jumat Berkah bisa terbang lagi,” ucap Ganjar.

Mantan anggota DPR RI itu menyatakan, butuh kerja sama dari seluruh daerah yang ada di kawasan Bandara Ngloram. Sehingga, nantinya akan terlaksana acara yang melibatkan massa, tak hanya dari Blora saja.

”Agar satu kawasan ini bisa membuat even, sehingga bisa membangun ekosistem yang ada di sini. Usulan saya tadi pariwisata olahraga. Bahkan tadi sudah disiapkan akan bikin Ultra Marathon. Jadi kalau kemudian nanti banyak even digelar, maka penerbangannya bisa berjalan,” tandasnya.

Riyan