blank
Menandai peresmian Pamsimas Tirto Karangmulyo, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (membungkuk ketiga dari kanan) melakukan pembukaan perdana kran air.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Warga Dusun Pathuk, Desa Gegeran Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, memiliki inisiatif memanfaatkan sumber air setempat untuk pemenuhan kebutuhan air baku keluarga. Ini dilakukan, berangkat dari keterbatasan warga mendapatkan air bersih.

Bagai gayung bersambut, pemerintah melalui dana APBN mewujudkan keinginan masyarakat Dusun Pathuk tersebut, melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, Bulan September 2022 lalu Pamsimas yang diberi nama Tirto Karang Mulyo di Dusun Pathuk, Desa Gegeran tersebut telah selesai pembangunannya.

Berkaitan itu, Rabu (25/1), Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji datang untuk meresmikannya. ”Alhamdulillah mari kita banyak bersyukur, Pamsimas ini sudah selesai pembangunannya, semoga bermanfaat bagi masyarakat,” tandas Màs Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Menandai peresmian Pamsimas Tirto Karang Mulyo ini, dilaksanakan dengan menggelar tasyakuran dan doa oleh seluruh elemen masyarakat. Kehadiran Pamsimas, disambut bahagia masyarakat, meski pada tahap awal baru bisa melayani 72 sambungan rumah (SR).

”Kami sangat terbantu sekali setelah adanya Pansimas ini. Karena sekarang, tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mengambil air,” ungkap Pirwadi warga setempat.

Pamsimas Tirto Karang Mulyo, dibangun dengan memanfaatkan sumber air setempat yang memiliki debit melimpah. Yakni 1 liter per detik, yang kualitas airnya lolos uji kelayakan. Melalui fasilitas tandon air berkapasitas 18 Meter Kubik (M3), Pamsimas Tirto Karang Mulyo ditargetkan mampu melayani 200 SR.

Bambang Pur