blank
Ilustrasi durian montong. Foto: Durian montong (pixabay)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mengapa buah durian dikenal dengan harganya yang mahal? Harga durian mahal sekali karena banyak penggemarnya, dan jarang berbuah, sehingga disebut raja buah. Durian yang diimpor juga mahal karena adanya biaya impor.

Namun, di balik harganya yang relatif mahal dan aromanya yang menyengat, durian sendiri mengandung kalsium, kalium, serta vitamin B1 dan B2 yang dapat memberikan berbagai macam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi. Buah durian juga mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi.

Nah, sebelumnya kita sudah mengenal tentang manfaat kesehatan buah durian, kali ini kita kenali dulu jenis buah durian yang banyak populer di Indonesia.

Baca Juga: Selain Digunanakan untuk Obat Sakit Perut, Simak 10 Manfaat Pohon Durian

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai jenis buah durian. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Durian Matahari
Durian matahari merupakan durian lokal yang berasal dari Banten. Disebut matahari karena daging buahnya kuning tua mirip seperti warna cahaya matahari. Selain itu, keunggulan jenis durian ini ialah daging buahnya tebal, aromanya tidak terlalu tajam, dan biji buahnya kecil.

Sehingga memuaskan para pecinta durian ketika menyantapnya. Durian matahari tumbuh subur di dataran rendah dengan kebutuhan cahaya matahari tinggi. Masa produktifnya sekitar 4-5 tahun terhitung dari masa penanaman. Ukuran buahnya sekitar 2-3,5 kg/buah.

Baca Juga: Tidak Perlu Panik, 6 Tips Mengatasi Mabuk Durian

2. Durian Bintana
Durian bintana adalah salah satu jenis durian unggul asal Medan, Sumatera Utara. Rasa duriannya manis dengan sedikit pahit dan legit sehingga cocok untuk Moms yang tak suka durian terlalu manis. Ukuran buahnya terbilang besar yakni mencapai 6 kg. Warna buahnya kuning semu oranye dengan masa produktif 3-4 tahun sejak penanaman.

3. Durian Simimang
Durian si mimang merupakan jenis durian asli Banjarnegara, Jawa Tengah. Ia mendapat predikat sebagai durian unggulan juara nasional pada awal tahun 2000-an. Varietasnya mulai dikenal banyak orang ketika menjuarai Festival Buah Unggulan Nasional tahun 2003. Rasa durian ini manis, pulen, sedikit berserat, berdaging tebal, dengan sedikit rasa alkohol. Meskipun ukuranya lebih kecil dibandingkan jenis durian lainnya, tapi durian ini akan sangat memuaskan jika dimakan sendirian.

4. Durian Montong
Siapa yang tak mengenal varietas durian montong? Jenis durian yang termasuk dalam spesies Durio zibethinus ini merupakan salah satu durian yang paling populer di Indonesia. Durian yang berasal dari Thailand ini dikenal memiliki ukuran daging buah yang besar dengan biji kecil sehingga puas ketika disantap. Kini, durian montong mulai banyak dibudidayakan di Indonesia.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta, Makan Buah Durian Dapat Membuat Darah Tinggi?

5. Durian Musang King
Tak hanya durian montong, jenis durian musang king juga populer di kalangan masyarakat. Jenis ini berasal dari Malaysia dan dikenal sebagai buah durian terbaik di dunia. Maka tak heran jika buah durian ini dibanderol dengan harga selangit.

Salah satu yang membedakan durian musang king dengan jenis lainnya ialah warna buahnya yang khas yakni warna kunyit yang mencolok sehingga disebut juga sebagai durian “raja kunyit”.

Itulah tadi jenis buah durian yang populer di masyarakat, Apakah kamu pernah mencoba kelima jenis durian populer tersebut? Manakah yang jadi favoritmu?

Claudia