blank
Ustad Kiai Nur Fauzan, pengasuh Ponpes Al Hikmah Ast Syafi'iyyah Kebumen, berceramah di hadapan personel Polres di Masjid Assara Polres Kebumen, Kamis 26/1.(Foto:SB/Humas Polres Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen melakukan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) Islam kepada personelnya agar dalam melaksanakan tugas jauh dari kata pelanggaran.

Kamis pagi (26/1) Polres Kebumen mengundang Ustad Kiai Nur Fauzan, pengasuh Ponpes Al Hikmah Ast Syafi’iyyah Kebumen, berceramah di hadapan personel Polres di Masjid Assara Polres Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Wakapolres Kompol Bakti Kautsar Ali dalam sambutannya menyatakan, Binrohtal perlu dilakukan sebagai “rem” atau pengingat agar selalu menghindari pelanggaran saat bertugas.

“Semoga dari kegiatan ini secara keilmuan meningkat. Selanjutnya akan berdampak pada kehati-hatian dalam bertugas dengan selalu menghindari pelanggaran,”jelas Kompol Bakti.

Menurut Wakapolres, dengan ilmu agama yang diberikan kepada para personel diharapkan membuat diri menjadi pribadi yang lebih baik, terasa semakin dekat dengan Tuhan, karena senantiasa ingat kepada-Nya.

Selanjutnya personel bisa lebih mensyukuri pemberian Tuhan, sehingga dapat terhindar dari perbuatan dosa dan masih banyak tujuan lainnya yang tentunya mengarah ke hal yang positif guna membina spirit dan mental dalam mendukung tugas sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Dalam tausiahnya Kiai Nur Fauzan banyak menjelaskan pentingnya bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, umat muslim selain berdoa juga dianjurkan memperbanyak amalan lain yang bermanfaat. Salah satunya adalah membaca shalawat Nabi Muhammad SAW.

Kiai Nur Fauzan menerangkan, dalam Islam keutamaan membaca Shalawat Nabi ada beragam. Salah satu keutamaan membaca Shalawat Nabi bisa menghapus dosa.”Amalan ini dapat dilakukan kapan saja, baik dibaca sebagai zikir setelah shalat maupun dibaca kapan pun untuk mengisi waktu luang.”

Komper Wardopo