blank
Para Perdes Kabupaten Pacitan, Jatim, bersalaman dengan Bupati Indrata Nur Bayu Aji (kedua dari kiri), berpamitan untuk berangkat ke Jakarta mengikuti Silatnas PPDI.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ratusan Perangkat Desa (Perdes) dari Kabupaten Pacitan, Jatim, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi gelaran Silaturahmi Nasional (Silatnas). Acara ini akan melibatkan ribuan Perangkat Desa dari seluruh Tanah Air yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, para Perangkat Desa dari Pacitan dilepas keberangkatannya Selasa (24/1) dari Pendapa Kabupaten Pacitan. Pelepasannya dilakukan oleh Bupati Indrata Nur Bayu Aji didampingi Sekda Pacitan Heru Wiwoho dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Heri Setijono.

”Selamat berjuang semoga diijabah oleh Allah SWT,” tandas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji. Tidak semua perangkat desa ikut berangkat ke Silatnas. Yang tidak ikut berangkat, pertimbangannya untuk tetap dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Upaya memperjuangkan aspirasi, menurut Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan) merupakan ikhtiar yang perlu dilakukan. Untuk urusan hasilnya nanti bagaimana, semuanya bergantung kepada kehendak Tuhan dan penentu kebijakan di pusat.

”Intinya kalau nanti panjenengan semakin sejahtera, maka masyarakat akan lebih sejahtera,” kata Bupati Indrata Nur Bayu Aji.

Bupati mengapresiasi perjuangan PPDI yang dengan bijak tetap tidak meninggalkan tugas utamanya, yakni melayani masyarakat. Terbukti, tidak semua perangkat desa berangkat mengikuti aksi ke Jakarta, demi pertimbangan agar tetap ada yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagaimana diketahui, agenda Silatnas PPDI kali ini mengusung tema ”Penguatan Status Kepegawaian Perangkat Desa” dengan 5 tuntutan tentang penguatan kesejahteraan perangkat desa.

Bambang Pur