blank

JEPARA (SUARABARU.ID): Tidak asing bahwa Pesantren Modern Alburuj Jepara adalah salah satu lembaga di Jawa Tengah yang paling banyak mengirim santrinya ke Timur Tengah. Dan hampir setiap tahun mengirim kadernya untuk kuliah beasiswa ke luar negeri seperti Sudan dan Mesir.

Sudah lebih dari 50 santri yang kami kirim untuk melanjutkan kuliah di Negara Arab, terutama di Internasional University of Africa Khartoum Sudan sejak tahun 2015″ kata Pengasuh Pesantren Alburuj, Ustadz Abdul Baits Muchtar yang juga sebagai Alumni Sudan.

blank

Saat sekarang sudah puluhan yang lulus dan kembali untuk mengabdi di Alburuj dan lembaga lainnya. Dan dalam minggu ini ada 4 santri yang baru diwisuda, namun kemungkinan akan melanjutkan jenjang Pasca Sarjana di Khartoum Sudan”, yaitu Ali Mahzumi, Irfal Amali, Arif Saefuddin dan Edwin Apriyanto”. Tambahnya.

Ustadz Abdul Baits juga menjelaskan bahwa alasannya Alburuj mengirim santri ke Sudan karena Negeri dua Nil ini terkenal dengan ke fashihan bahasa Arabnya, lingkungannya yang Islami dan Masyayikhnya banyak memberikan halaqah di berbagai masjid.

Pesantren Alburuj yang berdirinya mendapatkan rekomendasi dari Kemenag Jepara tahun 2012 ini lebih banyak mengajarkan santrinya aktif bahasa Arab, tahfidz hadits disamping tahfidz Alquran.

Ponpes Alburuj Jepara