blank
Pesta siaga Pramuka digelar di SD Negeri 1 Karangtengah, Kabupaten Wonogiri. Ini menjadi yang pertamakalinya digelar, setelah dua tahun ada pandemi Covid-19.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Babinsa Koramil-23/Karangtengah Kodim 0728/Wonogiri, Sertu Trisilo, berpesan, kegiatan pesta siaga dapat membangun wujud pribadi Pramuka yang tangguh, mandiri, disiplin dan mampu meneruskan nilai-nilai kejuangan generasi sebelumnya.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, pesan Babinsa Sertu Trisilo itu disampaikan saat menghadiri pembukaan pesta siaga 2023 di halaman SD Negeri 1 Temboro, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri.

”Pesta siaga memiliki tujuan yang mulia,” tandas Sertu Trisilo. Karena, tambahnya, kemajuan ilmu teknologi dan pendidikan formal hanya akan melahirkan kaum muda yang cerdas. Tapi, menjadi lengkap manakala bekal kecerdasan ditambah dengan pemilikan kepribadian yang tangguh, budi pekerti yang luhur, dan menjunjung tinggi nilai-nilai patriotisme.

Melalui pesta siaga, sambungnya, peserta akan berkompetisi, diuji dan dididik mengenai pentingnya kesadaran dan tanggung jawab sebagai Pramuka Siaga. Juga diasah untuk dapat melaksanakan kewajiban mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki rasa kesetiakawanan, kreatif, rajin, trampil dan gembira, hemat, cermat dan bersahaja.

Sehingga, tandas Sertu Trisilo, mampu menjadikan insan Pramuka Siaga berperilaku baik sesuai Janji Dwi Satya dan Dwi Dharma di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Bambang Pur