blank
Mariyanto Wali kelas V bersama Kasi Pelayanan mendampingi para siswa MI Masalikil Huda di Perpusdes.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Sejumlah siswa Madrasah Ibtida’iyah (MI) Masalikil Huda Tahunan, bersama guru pendamping menyelenggarakan out learning dengan mengunjungi Perpusatakan Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

blank
Perpustakaan Desa Tahunan.

Menurut Mariyanto, M.Pd, guru pendamping sekaligus wali kelas mengatakan, kegiatan out learning yang dilaksanakan pada Selasa, (24/1/2022) ini bertujuan untuk melakukan pengamatan dan praktek secara langsung teks eksplanasi.

“Tujuan out learning ini untuk menjelaskan isi teks dengan menggunakan peta konsep dan menyebutkan kata kunci dari teks ekplanasi pada media cetak”, kata Mariyanto.

blank
Kasi Pelayanan Pemdes Tahunan dan Wali Kelas V MI Tahunan.

“Kegiatan out learning ini juga untuk memberikan suasana baru bagi guru dan siswa agar dapat menambah inspirasi dan menjadi motivasi”, lanjut Mariyanto.

Lebih lanjut Mariyanto mengatakan, dengan mengambil data dan dokumen pada objek tersebut selanjutnya akan dijadikan laporan kegiatan dan diberikan kepada pihak yang berwenang.

Kegiatan belajar di luar sekolah memang mempunyai banyak sisi positif. Selain untuk menghilangkan kejenuhan, proses pembelajaran yang dilakukan di luar kelas atau di luar sekolah, memiliki arti yang sangat penting untuk perkembangan siswa, karena proses pembelajaran yang demikian dapat memberikan pengalaman langsung pada siswa.

Pengalaman  langsung dapat memberikan materi yang semakin konkrit atau nyata. Model pembelajaran di luar kelas adalah model pembelajaran siswa secara langsung pada objek pembelajaran tersebut.

“Para siswa akan mendapatkan pengalaman baru pada objek yang dikunjungi serta mempererat guru dan siswa pada proses pembelajaran. Mempererat tali persaudaraan antara MI Masalikil Huda Tahunan dengan objek yang dikunjungi (Perpus Desa Tahunan)”, pungkas Mariyanto.

Kegiatan out learnig MI Masalikil Huda ke Perpustakaan desa Tahunan ini diikuti sebanyak 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, VA dan VB dengan didampingi tiga guru, Mariyanto, Apriliana Shifa Nur Indah, S.Pd dan Heru Prasetiyo. Dari pihak Perpustakaan desa didampingi oleh H. Aly Rif’an sebagai Kasi Pelayanan.

ua/mariyanto