Kegiatan jalan sehat bersama Presiden Jokowi, dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/1/2022). Foto: Dok/Pendam

SOLO (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono bersama Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dampingi Presiden Jokowi menghadiri peringatan Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/1/2022).

Sebanyak 3.700 personel gabungan terlibat dalam pengamanan Harlah yang dikemas dalam kegiatan jalan sehat tersebut. Diketahui, untuk personel gabungan berasal dari jajaran Polri dan Kodam IV/Diponegoro.

Dalam kegiatan jalan sehat bersama Jokowi, ada ribuan peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan. Rute jalan sehat yang dilewati yakni dari Pura Mangkunegaran ke barat melewati Jalan Ronggowarsito dan Jalan dr. Sutomo sampai Jalan Slamet Riyadi ke arah Jalan Diponegoro, hingga akhirnya berada di kawasan Depan Pasar Triwindu.

Kapendam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Bambang Hermanto, mengungkapkan sejumlah langkah yang dilaksanakan oleh Kodam IV/Diponegoro diantaranya berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pengamanan kegiatan, mengatur titik fokus pengamanan, hingga persiapan sepanjang rute jalur yang akan dilewati Presiden Jokowi dan rombongan.

“Aparat yang terlibat dalam pengamanan baik dari unsur TNI maupun Polri sudah disiapkan. Sebelumnya sudah dilakukan gelar pasukan, kemudian pengecekan rute hingga tempat dilaksanakannya acara,” ungkap Kapendam.

Hadir dalam kegiatan Harlah satu abad NU antara lain Ketua DPR, Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), K.H. Yahya Cholil Staquf.

Ning Suparningsih