blank
Ketum KONi Kota Magelang Ali Sobri Sungkar (topi hitam) dan Dekan Fakultas K

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, menandatangani kerjasama dengan KONI Kota Magelang. Kegiatan ini terkait Tri Darma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, pengabdian dan penelitian.

Penandatangan dilakukan Dekan Fakultas Keolahragaan UNS Dr Sapta Kunta Purnama MPd dan Ketua umum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar di Perum Shangrila, Wates, Kota Magelang, Jumat (19/1).

Acara itu disaksikan Dr Rony Syaifullah SPd MPd
Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan, serta Edi Kusnadi SE Bagian Perencanaan dan Kerjasama Fakultas Keolahragaan UNS.

Hadir pula Wakil Ketua 1 KONI Kartono, Wakil Ketua 2 Budi Setyo, Dewan Penyantun KONI Edi Hamdani dan pengurus lainnya.

Dekan Fakultas Keolahragaan menerangkan, kegiatan ini juga terkait dengan program ‘Merdeka Belajar’, serta belajar di luar kampus yang dihargai 20 SKS. Para mahasiswa didampingi dosen pembimbing.

blank
Dekan Fakultas Keolahragaan UNS dan rombongan diterima Ketuam KONI Kota Magelang, (Dok Humas KONI)

Program itu diikuti mahasiswa semester 5. Mereka magang di berbagai cabang olahraga di KONI untuk membantu meningkatkan prestasi atlet, pelatih dan sebagainya.

‘’Magang akan berlangsung 4 – 6 bulan. Jumlah peserta magang 120 mahasiswa yang disebar ke berbagai KONI. Saat ini UNS sudah menjalin kerjasama dengan KONI se Solo Raya, berikutnya KONI Kudus, Demak dan Kota Magelang,’’ kata Edi Kusnadi.

Edi menambahkan, Rony Syaifullah adalah pelatih silat yang berhasil mengantarkan atlet silat Indonesia sapu bersih pada Sea Games beberapa waktu lalu. Sedang Sapta Kunta pelatih bukutangkis. Keduanya pelatih tingkat internasional.

Ketum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar, pemkot dan DPRD saat ini sedang membahas Raperda Keolahragaan. Karena kita butuh payung hukum untuk kegiatan olahraga.

‘’Pada tahun 2024 kita akan mengembangkan sport tourism. Kerjasama dengan Fakultas Keolahragaan UNS diharapkan bisa berjalan baik termasuk pembentukan kelas olahraga di sekolah,’’ harapnya.

Doddy Ardjono