Soenarto Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang menyampaikan sambutan dan membuka raker FWLJ mewakili Plt Wali Kota Semarang, Sabtu (21/1/2023). Foto : Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang beri dukungan Forum Wartawan Lokal Jateng (FWLJ) menghidupkan kembali marwah Wartawan dan Jurnalis yang bermartabat dan manfaat.

Hal itu disampaikan Plt Wali Kota Semarang, Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu melalui Kepala Diskominfo Kota Semarang, Soenarto, saat memberikan sambutan dan membuka rapat kerja (raker) FWLJ di Semarang, Sabtu (21/1/2023).

Disampaikan Soenarto, peran strategis media dan Wartawan dalam mendukung pemerintah daerah sangat signifikan. Dan FWLJ menjadi salah satu bagian aktualisasi tersebut, dengan berperan dalam memerangi berita-berita bohong (Hoax) dalam segala jenis pemberitaan yang disampaikan.

Oleh sebab itu, FWLJ dipandang dapat menjadi salah satu pioner dalam memerangi pemberitaan Hoax, sebab bernaung di dalam tubuh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah.

“PWI Jawa Tengah (Jateng) selama ini sudah bersinergi bersama Pemkot Semarang, perihal kerja sama pembangunan wilayah, dengan produk pemberitaan yang kredibel. Saya kira dalam raker FWLJ ini, kita bersama sepakat berita-berita Hoax harus dapat diperangi,” jelas Soenarto.

Pemkot Semarang bersama media dan Wartawan, lanjutnya, juga sudah menjalin hubungan yang baik, sehingga kedepan akan menerima masukan serta diskusi lebih lanjut kepada FWLJ dan PWI Jateng.

“Setelah kegiatan ini, kami mewakili Pemkot Semarang, siap mendukung FWLJ dalam menjunjung konsep profesi Wartawan yang lebih bermartabat,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang ini.

Ketua FWLJ A Hadi Wibowo menyambut baik pernyataan Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang tersebut, dengan berupaya terus untuk mengoptimalkan kerjas sama yang baik dari berbagai pihak, termasuk dengan Pemkot Semarang.

“Terima kasih untuk Kepala Dinas Kominfo dan Pemkot Semarang. Tentu ini adalah hal baik bagi FWLJ, agar kedepan dapat lebih berkembang dan profesional,” ujarnya di lokasi raker.

FWLJ beserta pengurus, imbuhnya, akan selalu bekerja sama dengan PWI Jateng dan akan terus mengoptimalkan peran dan manfaat di bidang kewartawanan kedepan. Termasuk sinergitas ke pemda perihal membangun komunikasi yang baik.

“Kami berharap FWLJ tidak saja media kumpul-kumpul. Saat ini kita akan mengajak media dan Wartawan yang aktif berkegiatan dengan tujuan dan manfaat bersama-sama untuk optimalkan kinerja profesi kedepan,” imbuhnya

Absa