blank
Harga cabe rawit merah di pasasan Wonosobo masih tinggi. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Di bulan Januari tahun 2023 ini sejumlah harga kebutuhan pokok belum menunjukkan tanda-tanda turun, salah satunya aneka jenis cabe masih cukup tinggi.

Kenaikan harga komoditas yang dimulai sejak akhir tahun lalu tersebut masih bertahan hingga saat ini. Diprediksi harga kebutuhan pokok akan turun di beberapa waktu mendatang.

Khusus harga cabe di pasaran Wonosobo dalam minggu ini, cabe rawit merah masih menduduki peringkat tertinggi Rp 65 ribu per kilogram.

Sementara jenis cabe yang lain seperti cabe merah keriting masih bertahan di harga Rp 40 ribu dan cabai rawit hijau Rp 60 ribu. Harga cabe tersebut bisa sewaktu-waktu bisa berubah sesuai perkembangan di pasaran.

Sekdin Disperdagkop UMKM Wonosobo, Agung Prabowo mengatakan sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional terpantau stabil dan tidak ada kenaikan signifikan sejak akhir tahun 2022.

“Harga komoditas sayuran masih stabil, hanya komoditas cabe, di antaranya jenis cabe rawit merah, cabe rawit hijau dan cabe merah keriting, bahkan perkilogramnya ada mencapai Rp 65 ribu,” ungkapnya.

Diprediksi Turun

blank
Seorang petani sedang memanen cabe di ladangnya. Foto : SB/Muharno Zarka

Namun dalam minggu ini, diprediksikan harga tersebut mulai berangsur turun, karena pasokan bisa jadi lebih stabil setelah libur akhir tahun dan tahu baru 2023 selesai.

Meski mengalami peningkatkan harga yang cukup tinggi, namun komoditas cabe tersedia di pasaran tradisional dalam jumlah yang cukup. Sebab, saat ini, petani sedang memasuki masa panen.

Dampak lain dari tingginya harga cabe, penjual membatasi stok barang dan pembeli juga membatasi jumlah konsumsi. Petani pun banyak dijemput bola oleh pedagang cabe.

“Saya kira ini hukum pasar ya. Harga naik konsumen biasanya akan mengurangi jumlah pembelian dan mencari barang pengganti yang lebih murah,” katanya.

Agung menambahkan, selain harga cabai, sejumlah harga kebutuhan pokok lainnya masih dalam batas wajar. Seperti harga beras medium Rp 10,5 ribu per kilogram dan harga daging sapi masih Rp 140 ribu perkilo.

Adapun harga minyak goreng kemasan Rp 20 ribu per liter, harga telur ayam turun tipis, Rp 28 ribu dan harga bawang putih Rp 28 ribu per kilogram.

Muharno Zarka