blank
Tim peneliti USM didampingi Rektor USM Dr Supari ST MT melakukan kunjungan ke PUI Baterai Lithium UNS, baru-baru ini. Kunjungan diterima Wakil Ketua PUI Baterai UNS,Dr. Ir. Arif Jumari, M.Sc. (Foto:News Pool USM)

SOLO (SUARABARU.ID) – Tim Peneliti Universitas Semarang (USM) yang terdiri atas dosen dan mahasiswa melakukan kunjungan lapangan ke PUI Baterai Lithium UNS, baru-baru ini.

Dosen USM, Satria Pinandita ST, M.Eng mengatakan, salah satu tujuan kunjungan ini untuk studi banding terkait company profile dari PUI Baterai UNS.

Selain itu juga pihaknya mempelajari beberapa start-up dari hilirisasi PUI Baterai dengan berbagai project produk seperti pembuatan panel surya, pembuatan perakitan baterai serta BMS baterai, modul baterai untuk motor listrik, power wall, penyimpanan baterai panel surya, dan baterai mobil listrik.

”Kami juga diizinkan untuk mengetahui tempat manufacture baterai lithium, dengan berbagai perlengkapan dan pembuatan material aktif baterai, serta ditunjukkan tempat pengujian kualitas baterai sebelum baterai di hilirisasi ke publik. Dalam kegiatan tersebut, kami juga diperbolehkan mencoba produk implementasi dari baterai tersebut yaitu sepeda listrik dan mobil listrik roda tiga untuk berkeliling di halaman PUI Baterai UNS,” kata Satria.

Tim Peneliti USM terdiri atas Satria Pinandita ST, M.Eng, Dr. Supari Priambodo ST, MT, Dr. Andhy Tri Adriyanto, MM, Diah Aryati Puji Lestari, S.Si, M.Si dan Dr. Yuliyanto Budi Setiawan, S.Sos., M.Si.

Para Peneliti USM sangat antusias membahas berbagai topik terkait kapasitas baterai lithium yang diproduksi, pengolahan limbah baterai yang tidak terpakai dan sel baterai yang masih tergolong limbah karena material aktif, serta berdiskusi tentang elektrolit yang digunakan termasuk bahan beracun dan sangat aktif dengan oksigen.

Tindak lanjut dari kunjungan tersebut, kata Satria, tentu saja ke depan ingin membuat rintisan pusat riset dan inkubator bisnis Baterai sendiri di USM.

”Tujuan kunjungan ini juga untuk melakukan penjajakan kerja sama antara USM dan PUI Baterai UNS,” ungkap Satria.

Wakil Ketua PUI Baterai UNS, Dr. Ir. Arif Jumari, M.Sc menyambut baik usulan kerja sama tersebut.

”Semua penelitian USM yang berkaitan dengan baterai lithium akan kami terima dengan senang hati bila ingin menggunakan laboratorium di PUI. Jika ada kegiatan lain seperti magang/kerja lapangan maka PUI Baterai UNS siap pula menerima mahasiswa ataupun dosen magang dari USM untuk melakukan project bersama di sini,” tegas Arif.

Muhaimin