blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin dalam kegiatan Rekonsiliasi LK. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) –  Sebagai langkah dalam menyusun Laporan Keuangan (LK) tahun 2022 yang akuntabel dan berkualitas, Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar Rekonsiliasi LK.

Rekonsiliasi LK tersebut Semester II dan pemutakhiran data BMN Semester II TA 2022 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin menjelaskan, tujuan kegiatan hari ini sebagai review pelaksanaan anggaran di tahun lalu, sehingga kekurangan-kekurangan yang belum terlaksana dapat dijadikan evaluasi untuk pelaksanaan anggaran di tahun ini.

“Laporan itu sangat penting. Harapan kita kegiatan hari ini bisa membawa semangat baru dalam penyusunan laporan keuangan,” terangnya, Selasa (17/1/2023).

Kakanwil mengungkapkan, tahun ini adalah tahun kedua menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi monSAKTI. Oleh karena itu ia mengimbau para peserta yang menjadi operator MonSAKTI untuk rutin memantau aplikasi, khususnya daftar transaksi yang harus diperbaiki (to do list).

“Segera lakukan perbaikan pada transaksi tersebut sebelum proses rekonsiliasi. Dengan demikian, proses penyusunan laporan keuangan saya yakin pasti akan lebih mudah dan muaranya akan menghasilkan laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi pemerintah, dan menyajikan informasi keuangan yang transparan, akurat, dan akuntabel dan tepat waktu,” ujar Yuspahruddin.

Selanjutnya, Kakanwil memaparkan langkah-langkah strategis yang harus dilaksanakan jajarannya di tahun 2023 ini, antara lain percepatan penyelesaian laporan keuangan serta rekomendasi hasil temuan pemeriksaan dari BPK, peningkatan target nilai IKPA, dan menjalin komunikasi dan sinergi yang solid, baik di dalam lingkungan internal maupun dengan pihak-pihak eksternal.

Kegiatan rekonsiliasi ini berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 17 hingga 19 Januari, dengan menghadirkan narasumber dari Biro Keuangan dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Kanwil Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, serta KPKNL Semarang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah para Operator modul GLP, Modul Aset dan Persediaan pada UPT masing-masing.

Hadir dalam pembukaan rekonsiliasi, Kepala Bagian Umum Budhiarso Widhyarsono, Kepala Bagian Program dan Humas, Toni Sugiarto, Kasubag Keuangan dan Pengelolaan BMN Maria Titik Sumiyati, serta tim dari Unit Pusat.

Ning Suparningsih