Faye mengutip pernyatan Dubes Inggris Owen Jenkins yang mengatakan bahwa ini adalah kunjungan resmi pertamanya ke Jateng, sebuah provinsi yang memiliki banyak peluang untuk kerjasama dengan Inggris. Selain itu, Jateng dipandang memiliki potensi besar untuk berkembang lebih cepat dan lebih kuat.

“Inggris tengah melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan Jawa Tengah di berbagai bidang, mulai dari transportasi berkelanjutan, pendidikan dan pembangunan perkotaan, hingga energi terbarukan, kesehatan, digital, dan teknologi,” katanya.

Lebih jauh, dirinya menyatakan ingin melihat sendiri bagaimana program Global Future Cities Inggris mendukung Semarang dan Jateng dalam upayanya menyediakan transportasi umum berkualitas tinggi dan mudah diakses, terutama bagi kelompok rentan.

Melalui keterangan persnya, Owen menjelaskan bahwa memperkuat transportasi akan membantu meningkatkan infrastruktur dasar dan menciptakan peluang ekonomi yang sangat besar.

“Saya sangat menantikan untuk bertemu dengan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen dan perwakilan dari tim Walikota Semarang untuk membahas bagaimana kita dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, demi kemajuan masyarakat Jawa Tengah,” ungkapnya seperti dikutip dari jubir resmi Kedutaan Inggris.

Hery Priyono