blank
PELATIHAN - Para pencari kerja tengah mengikuti sosialisasi dan pelatihan. (foto: dinkominfo)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan terus berupaya menekan angka pengangguran di Kota Pekalongan, salah satu upayanya yakni meningkatkan perluasan kesempatan kerja sehingga semakin banyak para calon tenaga kerja yang terserap di sejumlah lowongan kerja yang dibuka.

Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso mengungkapkan, perluasan kesempatan kerja akan tercipta jika ada pertumbuhan ekonomi. SBS, sapaan akrabnya, mengaku optimis bahwa, pertumbuhan ekonomi Kota Pekalongan Tahun 2022 jauh lebih baik dibandingkan pada saat pandemi Covid-19 yang pada saat itu masih melanda tinggi.

“Memang belum ada angkanya untuk Tahun 2022 ini masih dihitung pertumbuhan ekonominya. Sementara, Tahun 2021 lalu tumbuh sebesar 3,59 persen, maka pada tahun 2022 ini harapannya akan tumbuh meningkat lagi sehingga akan tercipta perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat,” ucap SBS.

SBS menjelaskan, Dinperinaker senantiasa menyediakan informasi agar angkatan kerja bisa mengakses informasi pasar kerja yang tersedia. Disamping itu, juga menyiapkan tenaga kerja terampil dengan membuka pelatihan dan pembekalan termasuk untuk melatih mereka menjadi seorang wirausaha baru.

“Di tahun 2023 ini, Dinperinaker juga akan menggelar job fair secara offline dan online (hybrid) agar banyak dijangkau masyarakat luas dan bisa semakin menyerap tenaga kerja asal Kota Pekalongan,” pungkasnya.

Nur Muktiadi