TITD
Tujuh hari menjelang Imlek 2574, masyarakat keturunan Tionghoa di Kota Magelang membersihkan rupang-rupang rupang(peralatan), altar, dan para Sin Ben/Kim Sin ( patung dewa-dewi) yang terdapat di dalam Klenteng Liong Hok Bio Magelang . . Foto : W.Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sepekan menjelang Tahun Baru Imlek 2574/2023, umat Tri Dharma di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Kota Magelang melakukan pembersihan rupang ( peralatan) dan kim sin (patung).

Di TITD Liong Hok Bio tersrebut terdapat 13 Kim Sin. Namun, untuk membersihkan patung-patung yang ada di klenteng yang pernah terbakar pada tahun 2014 silam tersebut ada pantangan yang harus dilakukan oleh para umat. Yakni, tidak boleh memakan berbagai macam daging, sehari sebelum acara tersebut dilakukan.

“Para umat yang akan melakukan pencucian Kim Sin, sehari sebelumnya diharuskan untuk melakukan ritual pantang memakan daging,” kata Wakil Ketua  Harian  Yayasan Tri Bakti Magelang, Gunawan di sela-sela acara pencucian rupang TITD Liong Hok Bio Magelang, Minggu (15/1/2023).

Gunawan mengatakan, pembersihan  patungdewa-dewi yang ada di Tempat Ibadah Tri Dharma  (TITD) Liong Hok Bio Kota Magelang mengawali rangkaian acara Imlek 2574 atau tahun 2023 ini.