JEPARA ( SUARABARU.ID) – Banjir yang melanda Desa Dorang hampir 10 hari memang telah surut. Namun limpasan sungai SWD I mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada tanggul dan jalan pertanian.

Karena itu  BPBD, PMI, TNI, Polri, Komunitas Relawan, perangkat desa dan masyarakat Kamis (“13/1-2023) pagi  ini mulai  kerja bakti membuat tanggul darurat di Desa Dorang Kec. Nalumsari dan jalan pertanian. Kegiatan kerja bakti ini juga merupakan inisiasi dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kab.Jepara

“Sak dan tanah urug sebanyak 40  dump truk sudah tersedia.,” ujar  Fendi Irawan Staf  Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan  BPBD Jepara yang pagi tadi berada di lokasi.

Karena itu kami mengajak para relawan dan masyarakat untuk donasi tenaga untuk membawa tanah urug guna meninggikan tanggul agar tidak terjadi lagi  limpasan air yang meluas ke area pemukiman,” ujarnya. Lokasi yang dikerjakan meliputi peninggian tanggul15 meter   dan pengurukan jalan pertanian 100 meter, tambahnya.

Sementara Rosiana Rahmawati dari PMI Cabang Jepara mengajak organisasi relawan seluruh  Jepara ikut  “nyengkuyung” secara mandiri dan  bersama sama. “ Saat ini Desa Dorang mengundang  dan membutuhkan dukungan tenaga  dari masing- masing relawan,” tambah Rosiana Rahmawati

Hadepe