Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat melihat pagar sekolahan yang roboh.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi meninjau beberapa sekolahan yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Brangsong dan sekitarnya, Selasa (10/01/2023).

Adapun sekolahan yang ditinjau, yaitu SD 2 Kebonadem, SD 1 Sumberejo, SD 1 Brangsong dan SMP 1 Brangsong.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, mengatakan, peninjauan ini dilakukan, untuk memastikan kondisi di sekolahan tersebut benar- benar rusak parah atau atau tidak.

“Saya ingin memastikan kondisi sekolah-sekolah yang terdampak banjir beberapa hari lalu itu. Di SD Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, tadi saya lihat tembok depannya roboh dan alat elektroniknya rusak. Dan di SD Negeri Kebonadem buku-buku di Perpustakaannya rusak karena tergenang air,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Menurut Dico, sekolahan yang terdampak banjir sudah diidentifikasi oleh pihak sekolahan masing-masing. Sedangkan untuk tindakan jangka pendeknya sudah dikomunikasikan dengan BKD Kendal, sehingga bisa segera diperbaiki kembali melalui dana tidak terduga.

“Kami akan selesaikan semua yang terdampak banjir, khususnya sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kendal,” ujar Dico.

Terkait dengan penanganan jangka panjangnya, Dico mengungkapkan, kondisi di SD 1 Sumberejo yang lokasinya lebih pendek daripada jalan raya pasti akan ada genangan air jika turun hujan.

Maka pihaknya akan segera merapatkan hal tersebut untuk mencari solusinya, agar saat terjadi cuaca ekstrem atau hujan deras sekolah masih bisa berfungsi untuk proses belajar mengajar, karena sekolah-sekolah ini menjadi prioritas utama bagi Pemerintah Kabupaten Kendal.

Dico mengaku sedih melihat banyak buku yang rusak dan lain sebagainya, akibat bencana alam yang tidak bisa dihindari. Namun pihaknya akan membantu dan terus mensupport dengan harapan bisa segera kembali normal.

Kepala Sekolah SD 1 Sumberjo, Juwarsih menyampaikan, terkait dengan banjir beberapa waktu lalu, ketinggian ari mencapai satu meter dan menyebabkan pagar depan, belakang, dan samping rusak, serta beberapa alat elektronik dan buku-buku rusak.

Juwarsih mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, terutama kepada Bupati yang sudah perhatian dan melihat langsung kondisi sekolahan. Terlebih Bupati akan segera membantu untuk memperbaikinya.

Sedangkan Kepala Sekolah SD 2 Brangsong, Linda Sri Wahyuda mengaku, baru kali ini terjadi banjir di sekolahan akibat tanggul Kali Waridin yang jebol. Akibat bajir tersebut banyak buku-buku di ruang Perpustakaan yang rusak.

“Terima kasih banyak kepada Bupati Kendal yang sudah memberikan bantuan buku,” ucap Linda Sri Wahyuda. Sapawi