blank
Gerakan Satu Juta Pohon, KAI tanam pohon hijaukan stasiun. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) sukseskan program Hari Gerakan Satu Juta Pohon dengan melakukan penanaman pohon serentak, Selasa (10/1/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan di seluruh wilayah kerja yang mencakup Daerah Operasi, Divisi Regional, Divisi LRT, Balai Yasa, dan Anak Perusahaan.

Aksi penghijauan ruang publik ini secara seremonial dilaksanakan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Komisaris Independen KAI, Riza Primadi, dan jajaran Dirjen Perkeretaapian Kemenhub di Stasiun Linggapura, Kabupaten Brebes, Selasa (10/1/2023).

Kepala KAI Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo menyampaikan, penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya KAI dalam mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

“Penanaman pohon secara serentak ini juga merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan KAI melalui program KAI Go Green,” kata Wisnu.

Program penghijauan melalui penanaman pohon serentak ini ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara.

“Penanaman pohon ini merupakan salah satu pelaksanaan program strategis perusahaan yang sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dari PBB terkait melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan eksosistem daratan,” terang Wisnu.

Di wilayah Daop 4 Semarang, program penghijauan dilakukan di Stasiun Semarang Poncol dengan melakukan penanaman 5 pohon mangga.

Secara keseluruhan, penanaman serentak ini dilakukan di berbagai stasiun, lingkungan kantor dan aset perusahaan lainnya, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas udara agar semakin baik.

Menurut Wisnu, langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan.

“Penanaman pohon secara masif yang dilakukan merupakan salah satu upaya untuk mengamankan jalur kereta api dari bahaya longsor dan banjir yang membahayakan perjalanan kereta api,” sambungnya.

Dukungan KAI pada program Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20, dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

Sampai dengan Desember 2022, KAI telah melakukan penanaman pohon sebanyak 77.000 pohon. Di awal 2023 ini, KAI memulai dengan menanam pohon untuk menunjukkan bahwa KAI tidak hanya mencari keuntungan melalui operasional kereta api, tetapi juga menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan yang dilaluinya.

“Gebrakan KAI dalam Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global, sekaligus membantu pemerintah dalam pencapaian target emisi nol pada tahun 2060,” kata Wisnu.

Ning Suparningsih