blank
Ilustrasi penyimpanan makanan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Makanan sisa, sering kali dijumpai di setiap rumah. Hal ini dikarenakan terlalu banyak memasaknya atau tak sempat dihabiskan, karena anggota keluarga yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing.

Sisa makanan tersebut sering kita simpan di kulkas, agar bisa dimakan untuk waktu selanjutnya apabila sudah selesai beraktivitas. Atau juga pada saat kepepet mau pergi ke luar rumah, makanan sisa yang disimpan tersebut bisa dijadikan alternatif makanan cepat untuk dimakan tanpa ribet harus memasaknya lagi dari awal. Cukup dihangatkan beberapa menit, makanan sisa bisa lebih cepat disantap.

Dilansir dari Suara.com, cara penyimpanan makanan sisa tersebut, tidak boleh dilakukan sembarangan. Kita perlu memperhatikan beberapa hal agar nutrisi dan kualitas makanan terjaga, serta tidak memicu penyakit.

Baca Juga: Dapat Memperbaiki Sel yang Rusak, Lima Manfaat mengonsumsi Telur Puyuh bagi kesehatan

Dilansir dari alodokter, inilah 5 tips aman menyimpan makanan sisa, untuk menjaga kandungan nutrisi dan rasa masakan yang dismpan, antara lain:

1. Simpan makanan sisa di dalam kulkas

Menyimpan makanan di dalam kulkas dengan suhu 5°C, akan membuat kualitas makan terjaga serta aman untuk disimpan selama 3 hingga 4 hari.

2. Hindari menyimpan makanan sisa lebih dari 4 hari

Menyimpan makanan lebih dari 4 hari, akan menyebabkan kualitas makanan tidak terjaga. Makanan sisa, sebaiknya dimasukan ke dalam freezer. Karena kalau dalam keadaan beku, makanan bisa disimpan selama 3-4 bulan, dengan risiko rasa dan aroma makanan bisa berubah.

Baca Juga: Enggan Melakukan Donor Darah? Simak Lima Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

3. Beri label tanggal di kemasan makanan sisa

Dengan memberi label tanggal, kita bisa mengetahui makanan yang mana yang paling dulu disimpan dan melihat masa kadaluwarsanya. Bisa juga menempatkan makanan yang paling lama di bagian depan.

4. Pisahkan makanan dalam beberapa wadah

Apabila masakan yang akan disimpan jumlahnya banyak, pisahkan dalam beberapa wadah. Agar suhu dingin bisa menyebar merata, kasih jarak antar wadah agar 5°C.

5. Siapkan wadah khusus untuk daging dan susu

Makanan yang terbuat dari daging atau yang mengandung susu perlu disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Minimal dibungkus plastik atau aluminium foil.

Baca Juga: Tiga Tips Menghentikan Kebiasaan Anjing Agar Tidak Menggigit

6. Simpan Makanan dalam ukuran kecil

Untuk makanan dengan ukuran besar, seperti daging ayam atau daging sapi, potong menjadi beberapa bagian sebelum disimpan agar menghemat ruang penyimpanan.

Jangan lupa jaga kebersihan dapur dengan cara membersihkannya secara rutin, termasuk rajin membersihkan kulkas sebagai tempat menyimpan makanan.

Claudia