Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen Nataru di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Tak hanya itu saja, seiring kebijakan pemerintah yang mempermudah masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang Nataru, Telkomsel menemukan adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, contohnya seperti Jawa Tengah & D.I.Y yang tumbuh 2,9%.

“Selama momen Nataru, kami berkomitmen memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital, terutama di 493 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia,” katanya.

Adapun POI tersebut mencakup 363 area spesial seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan, 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan Covid-19, dan 2 tempat ibadah.

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps.

“Tak lupa kami juga melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote atau virtual,” pungkas Saki.

Hery Priyono