blank
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Prof Dr. Edward Omar Sharif Hiariej saat kunjangan di Lapas Batang. Foto: Dok/Kanwil

BATANG (SUARABARU.ID) – Kunjungi Lapas Kelas IIB Batang, Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Prof Dr. Edward Omar Sharif Hiariej beri atensi positif.

Prof Eddy menilai, Lapas Batang memang sangat layak untuk menyandang predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

“Ya, ini kan salah satu Lapas yang mendapatkan WBK. Kalau lihat dari pelayanan dan situasi nyaman, kondusif, ya memang pantas mendapatkan predikat WBK,” tuturnya, Selasa (3/1/2023).

Wamenkumham juga memberikan apresiasi atas hasil pembinaan di Lapas Batang.

Menurut Prof Eddy, Lapas Batang telah berhasil melakukan pembinaan kemandirian dan kepribadian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Diantaranya yang menjadi sorotan adalah pembinaan fisik WBP melalui olahraga angkat besi, cross fit, fitness dan kesenian.

“Itu kan ada (olahraga) angkat besi. Jadi betul-betul dibina dan ada tempat dan sarana latihannya dipersiapkan khusus begitu,” ujarnya.

“Itu keberhasilan dari pembinaan. Bukan hanya olahraga tapi juga seni,” sambungnya.

Diketahui, Lapas Batang berhasil mencetak atlit angkat besi yang berasal dari WBP dan telah berhasil membawa WBP-nya meraih juara I festival akustik yang diadakan Disparpora Kabupaten Batang.

Sebelumnya, Wamenkumham yang didampingi Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Dr A Yuspahruddin bersama para Kepala Divisi melakukan peninjauan proses pembinaan di Lapas Batang.

Ning Suparningsih