blank
Calon penumpang kereta api di Stasiun Semarang Tawang dalam pemeriksaan tiket. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pada masa libur tahun baru sejak 31 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang melayani 57.264 pelanggan KA Jarak Jauh dan KA Lokal (14.316 pelanggan per hari).

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, kereta api yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut adalah KA Argo Muria (Semarang Tawang – Gambir pp), KA Argo Sindoro (Semarang Tawang – Gambir pp), KA Tawang Jaya (Semarang Poncol – Pasar Senen pp), KA Ciremai (Semarang Tawang – Bandung pp), KA Ambarawa Ekspress (Semarang Poncol – Surabaya Pasarturi pp), KA Kaligung (Semarang Poncol – Tegal pp), dan lainnya.

“Untuk stasiun wilayah Daop 4 Semarang, pelayanan penumpang tertingi terjadi di Stasiun Semarang Tawang dengan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 15.048 pelanggan (3.762 pelanggan per hari), diikuti Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 14.157 pelanggan (3.539 pelanggan per hari),” ungkap Ixfan, Rabu (4/1/2023).

Selanjutnya Stasiun Tegal dengan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 9.576 pelanggan (2.394 pelanggan per hari), Stasiun Pekalongan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 6.196 (1.549 pelanggan per hari), dan Stasiun Cepu dengan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 2.537 pelanggan (634 pelanggan per hari).

Adapun rute-rute favorit pelanggan dalam masa libur tahun baru ini yaitu dari Semarang menuju Jakarta, Semarang menuju Surabaya, Semarang menuju Bandung dan dari Semarang menuju Tegal.

“KAI akan terus meningkatkan pelayanan serta mengawal agar seluruh perjalanan KA di masa Nataru ini dapat berjalan aman dan lancar,” ujar Ixfan.

“Bagi masyarakat yang belum memperoleh tiket KA libur tahun baru untuk keberangkatan KA dari Rabu 4 Januari hingga Minggu 8 Januari 2023, masih dapat membeli tiket kereta api karena tiketnya masih tersedia cukup banyak,” terangnya.

KAI mencatat jumlah tiket kereta api yang terjual pada periode 4 hingga 8 Januari 2023 masih terjual sebanyak 7.679 tempat duduk atau 9.6% dari kapasitas yang disediakan, yaitu sebanyak 79.610 tempat duduk.

Masyarakat dapat membeli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, website KAI, serta seluruh channel penjualan lainnya.

Ning Suparningsih