blank
para juara kategori ganda pelajar SMA menerima penghargaan dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Antarmahasiswa, Pelajar SMA dan Kelompok Umur di Gelora USM yang berakhir 30 Desember 2022. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pada tahun 2023, Kejuaraan Bulu Tangkis USM Cup XVI akan digelar tingkat nasional, baik untuk kategori mahasiswa, pelajar SMA maupun kelompok umur.

Keputusan itu didasarkan pada penyelenggaraan USM Cup XV pada 26-30 Desember 2022 lalu berjalan sukses. Selain itu juga respons para atlet, pelatih dan ofisial sangat tinggi.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH pada 2 Januari 2023 di ruang kerjanya.

blank
Para pemain PB Arista Semarang foto bersama seusai menerima penghargaan dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Antarmahasiswa, Pelajar SMA dan Kelompok Umur di Ge;lora USM yang berakhir 30 Desember 2022. (Foto:News Pool USM)

”Alhamdulillah penyelenggaraan USM Cup XV kemarin berjalan lancar dan sukses. Kami mengapresiasi kerja panitia yang telah menjalankan tugas secara maksimal. Kami juga berterima kasih kepada para peserta, ofisial, pelatih, pihak sponshor yang telah berpartisipasi dalam kejuaraan USM Cup XV,” ujarnya.

Dia mengatakan, selain kategori mahasiswa dan pelajar SMA yang sudah tingkat nasional, pihaknya nanti juga akan mempertandingkan kelompok umur tingkat nasional.

Kelompok umur yang akan dipertandingkan adalah usia dini, anak, pemula dan remaja.

”Kami belum menentukan tanggal pelaksanaan USM Cup XVI. Kami mohon dukungan semua pihak agar kami bisa mempersiapan kejuaraan ini lebih baik lagi,” ungkapnya.

Mengenai hadiah, dia mengatakan, pihaknya akan menambah total hadiah. Untuk para juara kategori pelajar SMA, pihaknya akan menyiapkan beasiswa studi di USM gratis.

”Kami akan mempertahankan event USM Cup ini karena telah menjadi ikon USM. Bahkan jika memungkinkan, ke depan USM Cup bisa digelar level internasional. Sebab, respons masyarakat terhadap USM Cup yang luar biasa,” tuturnya.

Mengenai kondisi Gelora USM, Junaidi mengatakan, pihaknya sudah mengajukan perbaikan ke yayasan.

Dia berharap, dalam waktu dekat, Gelora USM diperbaiki sehingga bida digunakan untuk kegiatan lagi.

Selama ini, prestasi olahraga mahasiswa USM tidak kalah dengan universitas lain.

”Kami sudah mengajukan untuk dilakukan perbaikan gelora ke yayasan. Ini menjadi salah satu upaya kita untuk memaksimalkan USM. Meskpiun tidak punya fakultas olahraga, prestasi olahraga mahasiswa USM tidak kalah dengan kampus lain yang memiliki fakultas olahraga,” tandas Junaidi.

Dia berharap,  USM Cup ini bisa menjadi media untuk mendekatkan dengan masyarakat.

”Kami berharap, ke depan USM terus berkembang, sehingga kegiatan USM Cup menjadi ajang pendekatan USM dengan masyarakat. Jika masyarakat sudah tahu tentang USM, mereka akan menentukan pilihan kuliah di USM,” ujarnya.

Selama ini, lanjutnya,  USM membina bukan hanya cabang olahraga bulu tangkis, tapi juga cabang olahraga yang lain antara lain tae kwon-do, karate, bola voli, sepak bola, tenis meja, dan pencak silat,” tandasnya.

Muhaimin