blank
Kasubag TU Kemenag Kebumen KH Khamid bersama generasi muda LDII dan pimpinan LDII Kebumen, Sabtu 31/12-2022.(Foto:SB/Humas LDII Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Kebumen Sabtu (31/12) atau pada malam tahun baru 2023 menyelenggarakan sarasehan bersama pejabat dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Pada sarasehan kali ini dihadiri oleh Ketua Dewan Penasihat LDII Kebumen Drs H Agus Septadi, Ketua DPD LDII Kebumen H Gunardi, Ketua PC, sesepuh di lingkungan LDII, serta muda-mudi generasi penerus LDII kawasan kota Kebumen.

Acara di Masjid Baitus Salam Jalan Kerkop Mertokondo Kebumen itu diawali dengan doa bersama dipimpin oleh Habib Salim Al Atos dari Alian Kebumen. Selanjutnya sambutan dan sarasehan yang diikuti generasi muda LDII Kebumen.

blank
Ketua DPD LDII Kebumen H Gunardi memberi sambutan pada sarasehan malam tahun baru 2023.(Foto:SB/Humas LDII Kebumen)

Ketua DPD LDII Kabupaten Kebumen H Gunardi dalam sambutannya menjelaskan, sarasehan ini bertujuan untuk pembinaan generasi penerus agar bisa menyikapi malam pergantian tahun dengan hal yang bermanfaat dan positif. Selain itu juga sebagai kegiatan edukasi bagi pemuda LDII agar tidak terpengaruh hura-hura.

Gunardi menambahkan, kegiatan seperti ini LDII telah melaksanakan secara konsisten setiap malam pergantian tahun di berbagai tempat. Yaitu di Gombong, Kuwarasan, Rowokeke, Karanggayam, dan Prembun, dengan konsep acara yang berbeda-beda namun tujuanya sama.

“Kegiatan pembinaan generasi muda LDII ini dengan maksud membentuk karakter generus LDII yang alim, fakih beraklak karimah mandiri serta berjiwa jujur, amanah, bekerja sama yang baik dan mujhit muzhid,”ujar purnawirawan perwira Sat Intelkam Polres Kebumen itu.

Acara sarasehan yang dihadiri KH Drs Khamid,MPdI dari Kantor Kementerian Agama Kebumen mengusung tema Moderasi Beragama. Di mana dalam sarasehan ini pemuda LDII bisa memahami, tertanam dan terbiasa menjadi pemuda yang sanggup bersikap toleran dalam beragama dan tidak mudah terpengaruh dengan kelompok atau golongan yang radikal.

KH Khamid yang sekaligus sebagai pengurus MUI Kebumen pun sangat mengapresiasi kegiatan pemuda LDII dalam menghadapi pergantian tahun.”Ini merupakan teladan yang bagus dan positif. Insya Allah akan kami terapkan pada yang lain,”ungkap Kiai Khamid.

Ketua Dewan Penasihat LDII Kebumen H Agus Septadi menyatakan, generasi muda harus siap menjadi pemimpin di masa depan. Maka LDII Kebumen memberikan perhatian dengan bekal kepemimpinan, karakter hingga moderasi baragama sebagai kepada kaum muda.

Komper Wardopo